TEORI ADMINISTRASI PUBLIK PENGANTAR Pengertian Teori

Teori Administrasi Publik Pengantar Pengertian Teori-PDF Download

  • Date:29 Nov 2019
  • Views:50
  • Downloads:0
  • Pages:15
  • Size:227.81 KB

Share Pdf : Teori Administrasi Publik Pengantar Pengertian Teori

Download and Preview : Teori Administrasi Publik Pengantar Pengertian Teori


Report CopyRight/DMCA Form For : Teori Administrasi Publik Pengantar Pengertian Teori


Transcription:

ANDRI AFRIYANTO AN UWMY, Administrasi public menurut Chandler dan Plano dalam Keban 2008 4 adalah. proses dimana sumberdaya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan. untuk memformulasikan mengimplementasikan dan mengelola manage. keputusan keputusan dalam kebijakan publik Sedangkan Keban menyatakan. bahwa istilah Administrasi Publik menunjukkan bagaimana pemerintah berperan. sebagai agen tunggal yang berkuasa atau sebagai regulator yang aktif dan selalu. berinisiatif dalam mengatur atau mengambil langkah dan prakarsa yang menurut. mereka penting atau baik untuk masyarakat karena diasumsikan bahwa. masyarakat adalah pihak yang pasif kurang mampu dan harus tunduk dan. menerima apa saja yang diatur pemerintah Keban 2008 4 4. TEORI TEORI ADMINISTRASI PUBLIK, Berikut teori teori administrasi publik yang dikutip dari berbagai literatur. 1 TEORI ADMINISTRASI, Teori Administrasi menjelaskan upaya upaya untuk mendefinisikan fungsi. universal yang dilakukan oleh pimpinan dan asas asas yang menyusun praktik. kepemimpinan yang baik Henry Fayol 1841 1925 menggunakan pendekatan. atas manajemen administrasi yaitu suatu pendekatan dari pimpinan atas sampai. pada tingkat pimpinan terbawah Fayol melahirkan tiga sumbangan besar bagi. administrasi dan manajemen yaitu 1 aktivitas organisasi 2 fungsi atau tugas. pimpinan 3 prinsip prinsip administrasi atau manajemen. Selanjutnya Fayol mengemukakan prinsip prinsip administrasi yaitu. 1 Pembagian pekerjaan prinsip ini sama dengan pembagian tenaga kerja. menurut Adam Smith spesialisasi meningkatkan hasil yang membuat. tenaga kerja lebih efisien, 2 Wewenang Manajer harus memberi perintah wewenang akan membuat. mereka melakukan denga baik,ibid hlm 3,ANDRI AFRIYANTO AN UWMY.
3 Disiplin Tenaga kerja harus membantu dan melaksanakan aturan yang. ditentukan oleh organisasi, 4 Kesatuan komando Setiap tenaga kerja menerima perintah hanya dari. yang berkuasa, 5 Kesatuan arah Beberapa kelompok aktivitas organisasi yang mempunyai. tujuan yang sama dapat diperintah oleh seorang manajer menggunakan. satu rencana, 6 Mengarahkan kepentingan individu untuk kepentingan umum. Kepentingan setiap orang pekerja atau kelompok pekerja tidak dapat. diutamakan dari kepentingan organisasi secara keseluruhan. 7 Pemberian upah Pekerja harus dibayar dengan upah yang jelas untuk. pelayanan mereka, 8 Pemusatan Berhubungan pada perbandingan yang mana mengurangi. keterlibatan dalam pengambilan keputusan, 9 Rentang kendali Garis wewenang dari manajemen puncak pada tingkatan.
di bawahnya merepresentasikan rantai skalar, 10 Tata tertib Orang dan bahan bahan dapat ditempatkan dalam hal yang. tepat dan dalam waktu yang tepat, 11 Keadilan Manajer dapat berbuat baik dan terbuka pada bawahannya. 12 Stabilitas pada jabatan personal perputaran yang tinggi merupakan. ketidakefisienan, 13 Inisiatif Tenaga kerja yang menyertai untuk memulai dan membawa. rencana akan menggunakan upaya pada tingkat tinggi. 14 Rasa persatuan Kekuatan promosi tim akan tercipta dari keharmonisan. dan kesalahan dalam organisasi, Sedangkat Herbert Simon dalam Pasolong 2011 14 membagi empat prinsip. administrasi yang lebih umum yaitu, 1 Efisiensi administrasi dapat ditingkatkan melalui spesialisasi tugas di.
kalangan kelompok,ANDRI AFRIYANTO AN UWMY, 2 Efisiensi administrasi ditingkatkan dengan anggota kelompok dalam suatu. hirarki yang pasti, 3 Efisiensi administrasi dapat ditingkatkan dengan membatasi jarak. pengawasan pada setiap sektor di dalam organisasi sehingga jumlahnya. menjadi kecil, 4 Efisiensi administrasi ditingkatkan dengan mengelompokkan pekerjaan. untuk maksud maksud pengawasan berdasarkan tujua proses langganan. Teori administrasi menurut William L Morrow sebagai berikut. 1 Teori Deskriptif adalah teori yang menggambarkan apa yang nyata dalam. sesuatu organisasi dan memberikan postulat mengenai faktor faktor yang. mendorong orang berperilaku, 2 Teori Persepektif adalah teori yang menggambarkan perubahan. perubahan di dalam arah kebijakan publik dengan mengeksploitasi. keahlian birokrasi Penekanan teori ini adalah untuk melakukukan. pembaharuan melakukan koreksi dan memperbaiki proses pemerintahan. 3 Teori Normatif pada dasarnya teori mempersoalkan peranan birokrasi. Apakah peranan biokrasi dipandang di dalam pengembangan kebijakan. dan pembangunan politik ataukah peranan birokrasi dimantapkan. diperluas atau dibatasi, 4 Teori Asumtif adalah teori yang memusatkan perhatiannya pada usaha.
usaha untuk memperbaiki praktik administrasi Untuk mencapai tujuan ini. teori asumsi berusaha memahami hakikat manusiawi yang terjadi di. lingkungan birokratis, 5 Teori Instrumental adalah toeri yang bermaksud untuk melakukan. konseptualisasi mengenai cara cara untuk memperbaiki teknik. manajemen sehingga dapat dibuat sasaran kebijakan secara lebih ralistis. Teori ini menekankan alat teknik dan peluang untuk melaksanakan nilai. nilai yang telah ditentukan,ANDRI AFRIYANTO AN UWMY. Menurut Stephen P Robbins teori administrasi meliputi. 1 Teori Hubungan Manusia Teori ini dirintis oleh Elton Mayo. Pengembangan Teori Mayo didasarkan pada penemuannya selama. memimpin proyek Mayo bermaksud menguji hubungan antara. produktivitas dengan lingkungan fisik Mayo menangkap bahwa norma. norma sosial justru merupakan faktor kunci dalam perilaku kerja. individual Karenanya rangsangan kenaikan upah tiak memacu pekerja. untuk bekerja lebih produktif, 2 Teori Pengambilan Keputusan Dalam pengambilan keputusan para. pemikir menyarankan dipergunakannya statistik model optimasi model. informasi dan simulasi Di samping itu dapat juga dimanfaatkan. pengetahuan pengetahuan yang berasal dari linear programming critical. path scheduling inventory models site location models serta berbagai. bentuk resource allocation models, 3 Teori Perilaku Teori ini bermaksud untuk menintegrasikan semua. pengetahuan mengenai anggota organisasi struktur dan prosesnya Toeri. ini memahami pentingnya faktor perilaku manusia sebagai alat utama. untuk mencapai tujuan, 4 Teori Sistem Dalam teori ini organisasi dipandang sebagai suatu sistem.
yang menampilkan karakteristiknya sebagai penerima masukan pengolah. dan pengahasil, 5 Teori Kontigensi Pada awalnya teori ini dipergunakan pada. pengembangan orangnisasi yang dirancang secara optimal dapat. mengadaptasi teknologi dan lingkungan Teori kontigensia diangkat untuk. mencari beberapa karakteristik umum yang melekat pada situasi khusus. 2 TEORI BIROKRASI,ANDRI AFRIYANTO AN UWMY, Birokrasi didefinisikan sebagai wewenang atau kekuasaan yang oleh berbagai. departemen pemerintah dan cabang cabangnya diperebutkan untuk diri mereka. sendiri atas sesama warga negara5,Birokrasi Ideal menurut Max Weber yaitu. 1 Para anggota staf bersifat bebas secara pribadi dalam arti hanya. menjalankan tugas tugas impersonal sesuai jabatan merka. 2 Terdapat hirarki jabatan yang jelas,3 Fungsi fungsi jabatan ditentukan secara tegas. 4 Para pejabat diangkat berdasarkan suatu kontrak, 5 Para pejabat dipilih berdasarkan kualifikasi profesional idealnya.
didasarkan pada suatu ijazah yang diperoleh melalui ujian. 6 Para pejabat digaji dan biasanya juga dilengkapi dengan hak hak pensiun. Gaji bersifat berjenjang menurut kedudukan dalam hirarki Pejabat dapat. selalu menempati posnya dan dalam keadaan keadaan tertentu pejabat. juga dapat diberhentikan, 7 Pos jabatan adalah lapangan kerja yang pokok bagi para pejabat. 8 Suatu struktur karir dan promosi dimungkinkan atas dasar senioritas dan. keahlian merit serta menurut pertimbangan keunggulan superior. 9 Pejabat sangat mungkin tidak sesuai dengan pos jabatannya maupun. dengan sumber sumber yang tersedia di pos tersebut. 10 Pejabat tunduk pada sistem disiplin dan kontrol yang seragam. Birokrasi yang dicetuskan oleh David Osborne dan Ted Gaelerdalam bukunya. Reiventing Government 1992 pemerintah seharusnya bersifat. 1 Pemerintahan Katalis mengarahkan ketimbang mengayuh. 2 Pemerintahan Milik masyarakat memberi wewenang dan memberdayakan. masyarakat ketimbang melayani, 3 Pemerintahan yang kompetitif yaitu menyuntikkan persaingan ke dalam. pemberian pelayanan, Martin Albrow Birokrasi Yogyakarta Tiara Wacana 2004 hlm 4. ANDRI AFRIYANTO AN UWMY, 4 Pemerintahan yang digerakkan misi mengubah orientasi yang digerakkan. oleh peraturan, 5 Pemerintahan yang berorientasi pada hasil membiayai hasil bukan.
6 Pemerintahan berorientasi kepada pelanggan memenuhi kebutuhan. pelanggan bukan birokrasi, 7 Pemerintahan wirausaha menghasilkan ketimbang membelanjakan. 8 Pemerintahan yang antisipatif mencegah dari pada mengobati. 9 Pemerintahan desentralisasi, 10 Pemerintahan berorientasi pasar mendongkrak perubahan melalui pasar. 3 TEORI FORMULASI KEBIJAKAN6, Harbani Pasolong Teori Administrasi Publik Bandung Alfabeta 2011 hlm 52 57. ANDRI AFRIYANTO AN UWMY,1 Teori Kelembagaan, Yaitu teori yang secara sederhana mengatakan bahwa tugas membuat kebijakan. adalah tugas pemerintah Oleh karena itu apapun dan cara apapun yang dibuat. oleh pemerintah pada dasarnya dapat dikatakan sebagai kebijakan publik. 2 Teori Proses, Teori ini berasumsi bahwa politik merupakan sebuah aktivitas sehingga.
mempunyai proses Teori ini memberikan rujukan tentang bagaimana kebijakan. dibuat atau seharusnya dibuat namun memberikan tekanan pada substansi seperti. apa yang harus ada Oleh karena itu kebijakan publik merupakan proses politik. yang menyertakan rangkaian kegiatan berikut 1 Identifikasi permasalahan yaitu. mengemukaan tuntutan agar pemerintah mengambil tindakan 2 Menata agenda. formulasi kebijakan yaitu memutuskan isu apa yang dipilih dan permasalahan apa. yang hendak dikemukakan 3 Perumusan proposal kebijakan yaitu. mengembangkan proposal kebijakan untuk menangani masalah tersebut 4. Legitimasi kebijakan yaitu memilih satu proposal yang dinilai terbaik untuk. kemudian mencari hubungan politik agar dapat diterima sebagai aturan 5. Implementasi kebijakan yaitu mengorganisasikan birokrasi menyediakan. pelayanan dan pembayaran dan penggunaan pajak 6 Evaluasi kebijakan yaitu. melakukan studi program melaporkan outputnya mengevaluasi pengaruh. impact dan kelompok sasaran dan non sasaran memberikan rekomendasi. penyempurnaan kebijakan,3 Teori Kelompok, Teori ini mengendalikan kebijakan sebagai titik keseimbangan Inti teori ini. adalah interaksi di dalam kelompok akan menghasilkan keseimbangan yang. terbaik Individu dan kelompok kelompok kepentingan berinteraksi secara formal. dan informal dan secara langsung atau melalui media massa menyampaikan. tuntutannya kepada pemerintah untuk melahirkan kebijakan publik yang. dibutuhkan,ANDRI AFRIYANTO AN UWMY,4 Teori Elit, Teori elit yaitu teori yang berkembang dari teori politik elit massa yang. melandaskan diri pada asumsi bahwa dalam setiap masyarakat pasti terdapat dua. kelompok yaitu pemegang kekuasaan atau elit dan yang tidak memiliki. kekuasaan atau massa Teori ini berkembang dari kenyataan bahwa sedemokratis. apapun selalu ada bias di dalam formulasi kebijakan karena pada akhirnya. kebijakan kebijakan yang dilahirkan merupakan preferensi politik dari para elit. 5 Teori Rasional, Teori ini mengedepankan gagasan bahwa kebijakan publik sebagai maksimum. social gain berarti pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus memilih. kebijakan yang memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat Teori ini. mengatakan bahwa proses formulasi kebijakan harus didasarkan pada keputusan. yang sudah diperhitungkan tingkat rasionalitasnya Rasional yang dimaksud. adalah perbandingan antara pengorbanan dan hasil yang dicapai dengan kata lain. teori ini lebih menekankan pada aspek efisiensi,6 Teori Inkrementalis. Pada dasaranya teori inkrementalis merupakan kritik terhadap teori rasional Para. perumus kebijakan tidak pernah melakukan proses seperi yang dipersyaratkan. oleh pendekatan rasional karena mereka tidak memiliki cukup waktu intelektual. maupun biaya Ada kekhawatiran bahwa akan muncul dampak yang tidak. diinginkan akibat kebijakan yang sebelumnya harus dipertahankan untuk. menghindari konflik Teori ini berasumsi bahwa kebijakan publik merupakan. variasi ataupun kelanjutan dari kebijakan di masa lalu Teori ini dapat dikatakan. sebagai teori pragmatis Pendekatan ini digunakan ketika pengambilan kebijakan. berhadapan dengan waktu ketersediaan informasi dan kecukupan dana untuk. melakukan evaluasi kebijakan secara komprehensif Sementara itu pengambil. kebijakan dihadapkan pada ketidakpastian yang muncul Pilihannya yaitu. melanjutkan kebijakan di masa lalu dengan beberapa modifikasi seperlunya. ANDRI AFRIYANTO AN UWMY,7 Teori Permainan, Teori permainan ini muncul setelah berbagai pendekatan yang sangat rasional.
tidak dapat menjawab pertanyaan peranyaan yang muncul dan sulit diterangkan. dengan fakta fakta yang tersedia karena sebagian besar dari fakta tersebut. tersembunyi Teori permainan adalah sangat abstrak dan deduktif dalam formulasi. kebijakan Konsep kunci dari teori ini adalah strategi Jadi teori in mempunyai. tingkat konservatis yang tinggi karena pada intinya adalah strategi defensif. Intinya adalah bahwa ia mengakomodasi kenyataan paling riil bahwa setiap. warga negara setiap pemerintahan setiap masyarakat tidak hidup dalam vakum. Ketika ia mengambil keputusan lingkungan tidak pasif melainkan membuat. keputusan yang bisa menurunkan keefektivan keputusan. PENGANTAR Pengertian Teori Administrasi Publik Menurut Kerlinger dalam Pasolong 2011 9 teori adalah serangkaian konstruk konsep batasan dan proposisi yang menyajikan suatu pandangan sitematis tentang fenomena dengan fokus hubungan dengan merinci hubungan hubungan antar variabel dengan tujuan menjelaskan dan memprediksi gejala itu Sedangkan menurut Pasolong 2011 10 teori adalah

Related Books