TEKNIK TANAM MIRING KELAPA SAWIT DI LAHAN GAMBUT

Teknik Tanam Miring Kelapa Sawit Di Lahan Gambut-PDF Download

  • Date:29 May 2020
  • Views:23
  • Downloads:0
  • Pages:18
  • Size:5.06 MB

Share Pdf : Teknik Tanam Miring Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Download and Preview : Teknik Tanam Miring Kelapa Sawit Di Lahan Gambut


Report CopyRight/DMCA Form For : Teknik Tanam Miring Kelapa Sawit Di Lahan Gambut


Transcription:

Sebagian besar kemiringan terjadi lebih cepat 3 5 tahun setelah tanam dan awalnya ringan. dengan sedikit pengaruh pada hasil produksi Tetapi dari 6 hingga 11 tahun lebih dari 50. dari pohon kelapa sawit mengalami kemiringan parah dan menghasilkan produksi dibawah. 9 26 dari pohon kelapa sawit yang tegak Pohon kelapa sawit yang agak miring megalami. kehilangan produksi kurang dari 9 dibandingkan dengan pohon yang sangat miring yang. bisa mengalami kehilangan produksi 15 26 Kemiringan parah Gambar 1. menyebabkan penurunan hasil produksi yang tajam yang kemudian perlahan lahan pulih lagi. seperti pohon kelapa sawit yang tumbuh tegak Hasnol Othman Tarmizi Mohammed dan. Khairuman 2007, Tabel 1 Pengaruh Kemiringan Terhadap Hasil TBS selama 17 tahun dari Kelapa Sawit di Lahan Gambut. Keadaan Penurunan Hasil Produksi Berat Rata2,Kategori Kemiringan Miring TBS Tandan Tandan. ton ha dari Kontrol Pohon tahun Kg,Sawit Tegak Kontrol 5 8 32 92 0 19 8 12 26. Ringan pada 3 5 tahun 28 5 30 03 8 8 20 2 10 78,Parah pada 3 5 tahun 10 5 27 99 15 0 19 5 10 51. Parah pada 6 8 tahun 28 5 26 08 20 8 18 5 10 32,Parah pada 9 11 tahun 23 5 25 16 23 6 18 3 10 01.
Parah pada 12 14 tahun 3 2 24 51 25 5 17 3 10 23,Gambar 1 Keadaan Tanaman dengan kemiringan parah. Sepertinya pengaruh kemiringan dan potensi kehilangan produksi adalah beberapa hal. yang tidak dapat terelakkan di lahan gambut dalam Hasil pengamatan menunjukkan bahwa. penanaman dengan teknik miring sejak awal dapat menghindarkan kemiringan yang tidak. beraturan di kemudian hari serta mengurangi potensi kehilangan produksi Hasnol. Othman Tarmizi Mohammed dan Khairuman 2007, Kehilangan produksi akibat miring yang tidak beraturan didapat dari TBS yang tertinggal. akibat tidak tampaknya TBS matang yang tertutupi oleh tanaman yang saling berbenturan. berondolan yang tidak terkutip bersih akibat jatuhnya digawangan dan tidak sempurnanya. hasil penyerbukan yang berakibat tidak sempurnanya pembentukan buah Selain itu tanaman. miring yang tidak beraturan juga akan mengganggu pelaksanaan pemeliharaan tanaman dan. Melihat kondisi tanaman yang mengalami miring tidak beraturan di areal gambut serta. berakibat terhadap penurunan produksi dan kesulitan pemeliharaan tanaman manajemen. PT Perkebunan Nusantara IV telah melakukan percobaan serta membuat kebijakan Standart. Operational Prosedure SOP penanaman kelapa sawit di areal gambut dengan teknik tanam. miring searah Tujuan percobaan penanaman kelapa sawit dengan teknik tanam miring. searah diareal gambut tersebut yaitu untuk menghindari terjadinya tanaman miring tidak. beraturan dan memudahkan pekerjaan baik panen maupun pemeliharaan tanaman sehingga. dapat mengoptimalkan produksi dengan menekan kehilangan panen dan pemeliharaan. tanaman yang lebih standar,2 BAHAN dan METODE, Teknik penanaman kelapa sawit dengan lubang tanam miring searah telah dilakukan. di PT Perkebunan Nusantara IV sejak tahun 2012 pada areal peremajaan seluas 10 8 ha. yang terletak di Kebun Meranti Paham Kabupaten labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara. Percobaan Penanaman kelapa sawit teknik lubang miring dilakukan pada areal gambut. dengan kedalaman lebih dari 3 meter Gambar 2,Gambar 2 Areal Percobaan Tanam Miring. Penanaman kelapa sawit di areal gambut di PT Perkebunan Nusantara IV sebelum. tahun 2009dilakukan dengan pola penanaman lubang normal Gambar 3 Kemudian tahun. 2009 s d 2012 penanaman dilakukan dengan pola lubang di dalam lubang hole in hole. sistem tanam tegak Pembuatan lubang tanam menggunakan alat berat dengan bucket yang. telah didesain sesuai dengan ukuran lubang Gambar 4 Tahun 2012 percobaan sampai. tahun 2017 kebijakan perusahaan untuk penanaman baru di lahan gambut dilakukan dengan. pola lubang didalam lubang hole in hole dengan tanam miring searah pembuatan. lubangnya menggunakan alat berat yang telah didesain sesuai dengan ukuran lubang. Gambar 3 Pola tanam lubang normal, Gambar 4 Pola tanam lubang didalam lubang hole in hole tanam tegak.
Gambar 5 Pola tanam lubang didalam lubang hole in hole tanam miring. 2 1 Teknik Penanaman Kelapa Sawit Dengan Pola Lubang Miring Searah. Pembuatan lubang tanam sistem miring searah dilakukan pada saat pelaksanaan. Tanaman Ulang Replanting atau Tanaman Baru Land Clearing Pembuatan lubang. tanam miring searah dilakukan sesuai dengan tahapan Replanting atau Land Clearing. yang dilakukan sesuai dengan SOP PT Perkebunan Nusantara IV dengan tahapan. persiapan lahan pemetaan areal desain blok dongkel kayuan tumbang chipping. pengolahan lahan Pengolahan secara mekanis maupun khemis pembuatan rehabilitasi. jalan dan parit bogkar eks tunggul kayu penanaman LCC persiapan penanaman. pancang titik tanam pembuatan lubang tanam menanam dan pemeliharaan tanaman. Dari tahapan replanting ataupun land clearing metode pembuatan lubang tanam. miring searah dan penanaman dilakukan sbb, 2 1 1 Membuat lubang tanam miring searah hole in hole tanaman kelapa sawit. a Metode pembuatan lubang miring menggunakan alat berat jenis Excavator. PC 200 Gambar 6 yang bucketnya telah di desain sesuai bentuk dan ukuran. Gambar 7 dan 8 Pembuatan lubang yang menggunakan alat berat. berfungsi sekaligus melakukan pemadatan tanah khususnya pada titik tanam. kelapa sawit,Gambar 6 Excavator PC 200,Gambar 7 Bentuk Bucket. 0 15m 0 50m,Gambar 7 Ukuran lubang, b Pembuatan lubang miring ditentukan terlebih dahulu arah kemiringan lubang. dengan arah kemiringan lubang ke Barat hal ini dilakukan untuk. mengarahkan alat agar pelaksanaannya lebih mudah, c Posisi alat berat berada di pasar pikul dan membuat lubang dalam satu. barisan titik tanam yang bergerak kedepan ke arah Barat Gambar 8 dan 9. Gambar 8 Posisi alat berat pada saat pembuatan lubang. Posisi bucket lubang miring ke arah BARAT, Gambar 9 Posisi bucket dan arah miring cetakan lubang.
d Pada saat pembuatan lubang Bucket harus mencetak lubang berulang ulang. sampai terbentuknya lubang didalam lubang sekaligus melakukan. 2 1 2 Penanaman kelapa sawit, a Penanaman kelapa sawit dilakukan setelah areal siap ditanam dimana areal. telah ditanami LCC seluruhnya, b Penanaman LCC dilakukan setelah selesainya pembuatan lubang tanam hal. ini dilakukan untuk menghindari rusaknya atau LCC mati akibat terlindas oleh. alat berat, c Penanaman dilakukan setelah pembuatan lubang tanam dan penanaman. LCC dengan jangka waktu penanaman kelapa sawit ke pembuatan lubang. tanam tidak terlalu lama hal ini mencegah tertutupnya kembali lubang tanam. sehingga menyulitkan penanaman dan menambah biaya untuk membuka. kembali lubang yang telah tertimbun kembali oleh gambut Lamanya. penanaman dari pembuatan lubang dianjurkan selama 7 hari. d Penanaman miring searah dilakukan sesuai dengan kemiringan lubang. tanam dimana posisi miring tanam mengarah ke Barat Gambar 10. e Penanaman kelapa sawit dengan miring searah dilakukan dengan hati hati. hal ini dikarenakan posisi tanah yang miring sangat rentan pecah pada saat. pemadatan tanah saat penanaman,Tanam miring ke arah Barat. Gambar 10 Penanaman miring ke arah Barat, Miring searah dilakukan dalam pembuatan lubang dengan arah miring ke Barat.
yang bertujuan agar kemiringan tanaman teratur Selain kemiringan tanaman teratur. arah miring nya lubang ke Barat berfungsi agar tanaman yang bersifat fototropi tanaman. tumbuh menuju arah matahari bergerak cepat ke arah Timur sehingga tanaman tumbuh. berlawanan dan tanaman lebih cepat tegak Gambar 11 Tumbuh tegaknya tanaman. biasanya sudah terjadi pada umur tanaman 4 6 bulan setelah penanaman. Pertumbuhan,mengarah ke Timur,Arah Barat Pasar Pikul. Gambar 11 Pertumbuhan tanaman miring,3 HASIL dan PEMBAHASAN. 3 1 Pengaruh Tehknik Penanaman pada Keadaan Pohon Miring. Seperti terlihat pada tabel 2 teknik penanaman secara signifikan. mempengaruhi kemiringan Selama 9 tahun pertama dari penanaman lubang. tanam miring mengalami kemiringan tertinggi dibandingkan dengan lubang tanam. yang normal dan lubang didalam lubang Hampir 80 dari pohon kelapa sawit. yang ditanam dilubang miring cenderung miring 60 ringan dan kurang dari 1. menunjukan berat Bahwa pohon yang ditanam lubang miring berproduksi lebih. baik dengan lebih dari 80 pohon kelapa sawit miring ke arah yang sama tapi. membaik dari tahun 3 dan seterusnya Hasnol Othman Tarmizi Mohammed dan. Khairuman 2007, Secara keseluruhan selama 6 tahun hasil kumulatif TBS menunjukkan tidak. ada perbedaan yang signifikan antara teknik penanaman Ini menunjukkan bahwa. pohon pada lubang miring tidak memiliki efek buruk terhadap hasil TBS diawal. dibandingkan lubang normal dan lubang didalam lubang Meskipun hasil TBS. diawal menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara teknik penanaman. dalam tahun berikutnya penanaman lubang miring diharapkan memberikan hasil. yang lebih karena sama searah kemiringan dan lebih cepat pemulihan pada. tanaman kelapa sawit Teknik penanaman lubang miring akan meminimalisir. kemiringan yang tidak beraturan dan memudahkan untuk pemeliharaan lapangan. Hasnol Othman Tarmizi Mohammed dan Khairuman 2007, Dari total luas areal gambut di PT Perkebunan Nusantara IV seluas 7 726. ha yang terletak di 3 kebun yaitu Kebun Ajamu Kebun Meranti Paham dan Kebun. Panai Jaya yang memiliki variasi kedalaman antara 1 s d 4 meter yang terdapat. didaerah Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara penanaman dengan pola. tanam miring dilakukan mulai tahun 2012 di Kebun Meranti Paham seluas 217 8 Ha. dengan rincian pada tabel 3 Untuk areal gambut yang memiliki kedalaman 1. meter kebijakan perusahaan dalam pembuatan lubang tanam menggunakan. lubang tanam biasa,Tabel 3 Data luas areal tanam miring di Kebun MEP.
Tahun Tanam Luas Ha,Jumlah 217 8, 3 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Pola Tanam Miring Kelapa Sawit. Dari hasil pengamatan secara visual pertumbuhan dan perkembangan. tanaman secara umum menunjukkan pertumbuhan yang baik dengan tidak adanya. kejadian pertumbuhan tanaman yang doyong atau miring ringan maupun berat. Namun secara visual pada tanaman yang masih berumur 1 12 bulan setelah. penanaman posisi tanaman masih terlihat miring namun pertumbuhan mengarah. keatas sehingga posisi tumbuh tegak searah Gambar 12 dan 13. Gambar 12 Keadaan tanaman berumur 3 bulan,Gambar 13 Keadaan tanam miring berumur 6 12 bulan. Kondisi tanaman setelah 12 bulan atau posisi pada TBM II Gambar 14 dan 15. keadaan tanaman secara visual sudah hampir tidak menunjukkan kondisi miring. dan secara keseluruhan terlihat tanaman sudah pada posisi tegak. Gambar 14 Keadaan tanam miring berumur 12 bulan TBM II. Gambar 15 Keadaan tanaman pola tanam miring pada saat TBM II. Keadaan tanaman TBM III dan TM I menunjukkan keadaan yang baik dengan. pertumbuhan tanaman sama dengan keadaan tanaman yang ditanamn dengan. pola tanam tegak Hal ini menunjukkan keadaan tanaman pada masa muda dari. umur 2 TBM II sampai umur 5 tahun setelah penanaman masih menunjukkan. keadaan yang sama dengan keadaan tanaman dengan pola tanam tegak Gambar. 16 17 dan18, Gambar 16 Keadaan tanaman pola tanam miring umur 4 tahun TM I. Gambar 17 Keadaan tanaman pola tanam miring umur 4 tahun TM I. Gambar 18 Keadaan tanaman pola tanam miring umur 4 tahun TM I. Kondisi tanaman yang masih tegak menunjukkan pengaruh yang cukup baik. dengan menggunakan sistem lubang hole in hole tanam miring Dari data. percobaan yang telah dibahas diatas dimana pengaruh miringnya tanaman dengan. tanam tegak sistem hole in hole tidak menunjukkan pengaruh yang besar di tahun. ke 3 sampai tahun ke 6, Pengaruh besar penanaman sistem hole in hole lubang miring dibanding. dengan hole in hole sistem tegak akan terjadi dan berpengaruh besar pada tahun. 6 tahun Hal ini disebabkan semakin besarnya bobot tanaman yang. mempengaruhi daya tahan tanaman untuk menyokong tanaman itu sendiri. terhadap sifat fisik gambut yang bersifat daya menahan beban. 3 3 Produksi Tanaman pola tanam miring, Pengaruh kemiringan dan potensi kehilangan produksi adalah beberapa hal.
yang tidak dapat terelakkan di lahan gambut Dari hasil percobaan di serawak yang. telah disajikan pada Tabel 1 pengaruh kemiringan tanaman terhadap produksi. terlihat bahwa kondisi kemiringan pada umur tahun terjadi penurunan 23 26. dari tanaman yang tegak kontrol Pola tanam miring yang dilakukan atau saat awal. penanaman hasil dalam dua tahun pertama tanaman menghasilkan sedikit lebih. rendah dari tekhik penanaman lainnya namun membaik dari tahun ke tiga dan. seterusnya Hasnol Othman Tarmizi Mohammed dan Khairuman. Dari hasil produksi pola tanam miring di tahun tanam 2012 dan kontrol yang. diperoleh di kebun Meranti Paham untuk produksi pada masa TBM III dan TM I. tidak menunjukkan hasil yang signifikan seperti data yang tersaji pada tabel 4 5. dan tabel 6 Tahun Tanam 2012 dan 2013 berikut ini, Dari tabel diatas menunjukkan bahwa tanaman pada pola tanam miring tidak. memiliki efek buruk terhadap hasil TBS diawal dibandingkan dengan pola tanam. lubang didalam lubang hole in hole tanam tegak Meskipun hasil TBS diawal. menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara pola penanaman dalam tahun. berikutnya penanaman pola lubang didalam lubang tanam miring diharapkan. memberikan hasil yang lebih baik karena miring searah lebih cepat pemulihan. meminimalisir kemiringan yang tidak beraturan dan memudahkan untuk. pemeliharaan tanaman,4 KESIMPULAN, Tehknik penanaman pola lubang didalam lubang hole in hole tanam miring searah. merupakan teknik penanaman kelapa sawit sangat dia. Pertumbuhan tanaman kelapa sawit yang miring di lahan gambut menjadi masalah yang serius yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil kelapa sawit seta menimbulkan kesulitan dalam pengelolaan kelapa sawit di gambut Mohd Tayeb Et al 1996 melaporkan bahwa berat bersandar dari kelapa sawit dapat mengakibatkan penurunan tajam hasil produksi diawal diikiuti oleh pemulihan yang lambat tiga sampai

Related Books