PROPOSAL APLIKASI PEMBERITAHUAN AWAL BENCANA BANJIR FLOOD

Proposal Aplikasi Pemberitahuan Awal Bencana Banjir Flood-PDF Download

  • Date:09 Feb 2020
  • Views:38
  • Downloads:0
  • Pages:12
  • Size:261.55 KB

Share Pdf : Proposal Aplikasi Pemberitahuan Awal Bencana Banjir Flood

Download and Preview : Proposal Aplikasi Pemberitahuan Awal Bencana Banjir Flood


Report CopyRight/DMCA Form For : Proposal Aplikasi Pemberitahuan Awal Bencana Banjir Flood


Transcription:

PENDAHULUAN,A Latar Belakang, Setiap tahunnya hampir 10 Juta orang di dunia terkena dampak. bencana banjir terurama di negri dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia. melihat bencana banjir yang terjadi di ibu kota Jakarta dan kota kota lainnya. di Indonesia pada awal tahun 2013 yang mengakibatkan kerugian materil. hingga triliunan rupiah dan mengakibatkan juga korban dan juga penyakit. yang terjadi pasca bencana maka perlu dibuatlah sebuah sistem pemberitahuan. kepada masyarakat yang cepat dan tepat sasaran agar dapat meminimalisir. dampak dan kerugian yang di timbulkan dari bencana banjir. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat dengan adanya. perangkat perangkat teknologi komunikasi bergerak seperti handphone yang. hampir dimiliki oleh setiap orang dan adanya dukungan teknologi internet. maka kebutuhan masyarakat akan inforamsi akan sangat cepat tersampaikan. dari situlah muncul ide untuk membuat sebuah aplikasi penanggulangan. bencana yang dapat dijalankan diperangkat mobile yang akan. memberitahukan kepada masyarakat ketika bencana akan terjadi. memberitahukan informasi keberadaan orang orang terdekat kita ketika kita. kehilangan mereka dan memberitahukan informasi alamat nomor telepon. dinas dinas atau instansi yang terdekat dengan kita Aplikasi ini akan. terhubung langsung dengan database yang terdapat pada server pusat. penanggulangan benca dimana data akan terus terperbaharui dengan adanya. sistem pantauan baik cuaca maupun keadaan sungai secara realtime Untuk. kebutuhan itupenulis menggunakan salah satu bahasa pemrograman yang. banyak digunakan pada mobile yaitu bahasa pemrograman Java yang nantinya. aplikasi ini akan berjalan di atas sistem operasi Android yang merupakan. sistem operasi open source yang dikembangkan oleh google. B Identifikasi Masalah, Permasalahan yang berhasil di identifikasi oleh penulis yaitu. 1 Masih banyak warga yang kurang informasi akan terjadinya bencana. banjir diwilayanya, 2 Munculnya informasi informasi banjir palsu hoax yang meresahkan. masyarakat, 3 Kesulitan mencari sanak keluraga yang hilang pada saat terjadi. bencana banjir,C Rumusan Masalah, Dari latar belakang diatas maka permasalahan yang dapat dirumuskan.
sebagai berikut, 1 Bagaimana memberitahukan kepada masyarakat pada saat bencana. banjir akan melanda wilayahnya, 2 Bagaimana membuat informasi yang diberikan merupakan informasi. yang tepat dari sumber yang terpercaya, 3 Bagaimana mencari keluarga yang hilang pada saat terjadi bencana. D Batasan Masalah, Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini di ponsel maka penulis. memberikan batasan untuk penelitian ini adalah sebagai berikut. 1 Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Literatur dan observasi. 2 Aplikasi ini hanya di tunjukan untuk memberitahukan kepada masyarakat. ketika bencana banjir akan melanda wilayahnya, 3 Informasi bencana yang dapat diberikan hanya berupa bencana banjir.
informasi posisi sanak keluarga dan informasi dinas dinas terdekat yang. dapat dihubungi,E Maksud dan Tujuan Penelitian, Adapun maksud dari pembuat aplikasi ini adalah untuk memberikan. informasi yang terpercaya kepada masyarakat akan resiko banjir. diwilayahnya,Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah. Mengetahui informasi cuaca di setiap wilayah, Memberitahukan kepada masyarakat ketika akan terjadi resiko. banjir diwilayahnya, Meminimalisir dampak dan kerugian yang di akibatkan dari banjir. Mencari lokasi sanak dan keluarga yang hilang pada saat terjadi. bencana banjir,F Manfaat Penelitian, Manfaat yang bisa di ambil dari penelitian ini adalah.
1 Bagi Penulis, Penulis dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dan dapat penulis jadikan. sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi bencana banjir. 2 Bagi Universita Muhammadiyah Cirebon, Sebagai dokumen dan referensi Universitas muhammadiyah Cirebon guna. menunjang proses perkuliahan nantinya dan juga menumbuh kembangkan. minat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon terhadap Android. 3 Bagi Masyarakat Umum, Dapat dijadikan sebagai sumber informasi terpercaya ketika akan terjadi. bencana banjir diwiliayahnya sehingga masyarakat dapat melakukan tidakan. penyelamatan awal pada saat bencana terjadi,G Metedo dan Teknik Penelitian. 1 Metode Analisi Deskriptif, Deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha.
menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Best 1982 119 Penelitian ini juga sering disebut noneksperimen karena. pada penelitian ini penelitian tidak melakukan kontrol dan manipulasi. variabel penelitian Dengan metode deskriptif penelitian memungkinkan. untuk melakukan hubungan antar variabel menguji hipotesis. mengembangkan generalisasi dan mengembangkan teori yang memiliki. validitas universal west 1982 Di samping itu penelitian deskriptif juga. merupakan penelitian dimana pengumpulan data untuk mengetes. pertanyaan penelitian atau hipotesis yang berkaitan dengan keadan dan. kejadian sekarang Mereka melaporkan keadaan objek atau subjek yang. diteliti sesuai dengan apa adanya, Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan dengan tujuan. utama yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik. objek dan sobjek yang diteliti secara tepat Dalam perkembangan akhir. akhir ini metode penelitian deskriptif juga banyak di lakukan oleh para. penelitian karena dua alasan Pertama dari pengamatan empiris didapat. bahwa sebagian besar laporan penelitian di lakukan dalam bentuk. deskriptif Kedua metode deskriptif sangat berguna untuk mendapatkan. variasi permasalahan yang berkaitan dengan bidang pendidikan maupun. tingkah laku manusia,2 Teknik pengumpulan data, Teknik penelitain yang digunakan dalam penyusunan proposal. skripsi ini adalah berdasarkan pengumulan data yaitu melalui. Studi lapangan, a Interview bertanya kepada dinas atau instansi penanggulangan. b Observasi pengumpulan data dan dokumen yang diperlukan untuk. proses pembuatan alur aplikasi, c Studi literatur mencari dan mengumpulkan literatur literatur ilmiah. yang diambil selain dari buku buku yang ada dan juga mencari dari. internet ataupun melalui perkumpulan surat surat elektronik yang. terkait dengan permasalahan yang dihadapi dalam penyusunan. penelitian,3 Pengembangan sistem, Fase pengembangan sistem informasi disebut juga sebagai siklus.
hidup pengembangan sistem informasi yang garis besarnya terdiri dari. enam langkah Tahapan tahapan pekerjaan dalam pelaksanaan tidak kaku. namun dapat disesuikan dengan kebutuhan seperti cara literasi Metode. yang dilakukan dalam pengembangan sistem pada penelitian ini. menggunakan metode waterfall dengan langkah langkah sebagai berikut. Gambar 1 1 Siklus Klasik Model Air Terjun Rekayasa Perangkat. Tahapan utama dalam siklus klasik model air terjun rekayasa. perangkatlunak adalah sebgai berikut,1 Analisis sistem Analysis. Tahap ini lebih terarah ke software analisis persyaratan berusaha. mengetahui aspek what Tahapan ini banyak melibatkan pemakai. danpengembang,2 Perencanaan Design, Tahap ini bertujuan menerjemahkan persyaratan menjadi suatu. bentuk representai yang dapat di evaluasi kualitas sebelum tahap. coding dilakukan,3 Penulisan Program Coding, Coding merupakan tahap penerjemah rancangan ke dalam bentuk. yangdapat di mengerti komputer,4 Pengujian Testing. Tahap ini berfokus pada pengujian rincian logika software. Pengujian bertujuan mengungkapkan dan menghilangkan kesalahan. kesalahan yang ada sehingga software bekerja sesuai yang. diharapkan,5 Pemeliharaan Maintance, Tahap memelihara meliputi kegiatan kegiatan koreksi kesalahan.
dan penyesuaian software terhadap perubahan lingkungannya. H Landasan Teori, Bab ini akan menjelaskan teori teori yang mendukung desain dan. implementasi pada pembuatan skripsi ini Aplikasi Penjelasan berikit tentang. Cuaca Banjir Pemograman java Eclipse dan Android,1 Aplikasi. Aplikasi adalah komponen yang berguna melakukan pengolahan. data meupun kegiatan kegiatan seperti pembuatan dokumen atau. pengolahan data Aplikasi adalah bagian PC yang berinteraksi langsung. dengan user Aplikasi berjalan di atas sistem operasi sehingga agar. aplikasi bisa diaktifkan kita perlu melakukan instalasi sistem operasi. terlebih dahulu, cuaca adalah suatu fenomena atau perubahan yang terjadi di wilayah. tertentu yang menunjukkan adanya perubahan aktifitas alam seperti hujan. panas matahari atau mendung, Banjir dalam pengertian umum adalah debit aliran air sungai dalam jumlah. yang tinggi atau debit aliran air di sungai secara relatif lebih besar dari. kondisi normal akibat hujan yang turun di hulu atau di suatu tempat. tertentu terjadi secara terus menerus sehingga air tersebut tidak dapat. ditampung oleh alur sungai yang ada maka air melimpah keluar dan. menggenangi daerah sekitarnya Peraturan Dirjen RLPS No 04 thn. 2009 Banjir merupakan peristiwa dimana daratan yang biasanya kering. bukan daerah rawa menjadi tergenang oleh air hal ini disebabkan oleh. curah hujan yang tinggi dan kondisi topografi wilayah berupa dataran. rendah hingga cekung Selain itu terjadinya banjir juga dapat disebabkan. oleh limpasan air permukaan runoff yang meluap dan volumenya. melebihi kapasitas pengaliran sistem drainase atau sistem aliran sungai. Terjadinya bencana banjir juga disebabkan oleh rendahnya kemampuan. infiltrasi tanah sehingga menyebabkan tanah tidak mampu lagi menyerap. air Banjir dapat terjadi akibat naiknya permukaan air lantaran curah hujan. yang diatas normal perubahan suhu tanggul bendungan yang bobol. pencairan salju yang cepat terhambatnya aliran air di tempat lain Ligal. 4 Pemograman Java, Pemograman java atau bahasa java dapat dikategorikan sebagai.
sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek pemrograman. terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded Objek Java. dispesifikasi dengan membentuk kelas Untuk masing masing kelas Java. kompiler Java memproduksi sebuah file keluaran arsitektur netral yang. akan jalan pada berbagai implementasi dari Java Virtual Machine JVM. Awalnya Java sangat digemari oleh komunitas pemrograman internet. karena Java mendukung untukapplets dimana program dengan akses. sumber daya terbatas yang jalan dalam sebuah web browser Java juga. menyediakan dukungan level tinggi untuk networkingdan objek. terdistribusi Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang aman. Tampilan ini pada khususnya penting menganggap bahwa sebuah program. Java boleh mengeksekusi silang sebuah jaringan terdistribusi. Eclipse adalah sebuah IDE Integrated Development, Enviroment untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat. dijalankan disemua platform platform Independent,Berikut ini adalah sifat dari Eclipse. Multi Platform target system operasi Eclipse adalah. Windows Linux Solaris AIX HP UX dan mac OS X, Multi Language Eclipse dikembangkan dengan pemograman. java akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi. berbasis bahasa pemograman lainnya seperti PHP C C dll. Multi Role Selain sebagai IDE untuk pengembangan, aplikasi Eclipse pun bias digunakan untuk aktivitas dalam. siklus pengembang perangkat lunak seperti dokumentasi test. perangkat lunak pengembangan web dsb, Eclipe pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit karena.
gratis dan open source yang berate setiap orang boleh melihat kode. pemograman perangkat lunak ini Selain itu kelebihan Eclipse yang. membuatnya popular adalah kemampuannya untuk dapat. dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan. Android merupakan sebuah system operasi perangkat Mobile. berbasis Linux yang mencakup system operasi middleware dan aplikasi. Beberapa pengertian lain dari linux yaitu, Merupakan platform terbuka Open Source bagi para pengembang. programmer untuk membuat aplikasi, Merupakan system operasi yang dibeli Google Inc dari Android Inc. Bukan bahasa pemograman akan tetapi hanya menyediakan. Lingkungan hidup atau run Time environment yang disebut DVM. Dalvink Virtual Machine yang telah dioptimasi untuk device alat. dengan system memori yang kecil,I Kerangka Berfikir. 1 Aplikasi Pelajaran yang sudah ada,Solusi Tahapan Penyelesaian Metode. 1 Perencanaan study kelayakan 1 Perencanaan,Teknis Operasi 2 Analisa.
2 Menganalisis masalah dengan Sudi 3 Perancangan Sistem. Lapangan Studi Literatur 4 Implementasi,3 Mendesain aplikasi Sistem 5 Perawatan. 4 Membuat aplikasi,5 Ujicoba Penerapan dan Perawatan. 1 Aplikasi terbaru,dengan system,Aplikasi Rangkuman. Hasil Cerdas Pelajaran,Aplikasi rangkuman Cerdas Pelajaran SMP berbasis. Tingkat Sekolah Menengah Pertama Android lebih mudah. Berbasis Android dan dapat dipelajari,oleh semua pelajar.
Tingkat SMP,2 Proses Belajar biasa,kapan dan dimana. J Tempat dan waktu penelitian, Tempat penelitian dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Cirebon. di jalan Tuparev No 70 dan dilakukan selama bulan Maret 2012 sampai bulan. Agustus 2012 Adapun tabel penelitiannya sebagai berikut. Jenis Bulan,Kegiatan Februari Maret April Mei Juni Juli. 2013 2013 2013 2013 2013 2013,Pengumpulan,Perancangan. Implementasi,K Sistematika Penulisan,BAB I PENDAHULUAN.
Pada bab ini berisi Latar Belakang Masalah,Rumusan masalah Ruang lingkup penelitian. Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian dan,Sistematika Penulisan. BAB II LANDASAN TEORI,Pada bab ini berisi tentang teori teori yang. dari situlah muncul ide untuk membuat sebuah aplikasi penanggulangan bencana yang bencana banjir F Manfaat internet karena Java mendukung untuk

Related Books