POLIGAMI MENURUT MUHAMMAD SYAHRUR DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM

Poligami Menurut Muhammad Syahrur Dalam Pandangan Hukum Islam-PDF Download

  • Date:29 Jun 2020
  • Views:3
  • Downloads:0
  • Pages:74
  • Size:1.05 MB

Share Pdf : Poligami Menurut Muhammad Syahrur Dalam Pandangan Hukum Islam

Download and Preview : Poligami Menurut Muhammad Syahrur Dalam Pandangan Hukum Islam


Report CopyRight/DMCA Form For : Poligami Menurut Muhammad Syahrur Dalam Pandangan Hukum Islam


Transcription:

LEMBAR PERNYATAAN,Dengan ini saya menyatakan bahwa. 1 Skripsi ini merupakan hasil karya asli saya yang diajukan untuk memenuhi salah satu. persyaratan memperoleh gelar strata 1 di Universitas Islam Negeri UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta, 2 Semua sumber yang saya gunakan dalam penulisan ini telah saya cantumkan sesuai. dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah. 3 Jika kemudian hari terbukti bahwa karya ini bukan hasil karya asli saya atau merupakan. hasil jiplakan dari karya orang lain maka saa bersedia menerima sanksi yang berlaku di. Universitas Islam Negri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta 12 September 2011,Maria Ulfah,KATA PENGANTAR. Segala puji bagi Allah SWT Maha Pencipta dan Maha Penguasa alam. semesta yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah Nya kepada penulis terutamanya. dalam rangka penyelesaian skripsi ini Shalawat serta salam kepada junjungan besar. kita Nabi Muhammad SAW serta keluarga para sahabat baginda yang telah banyak. berkorban dan menyebarkan dakwah Islam selama ini menyelamatkan umat dari. alam kegelapan hingga yang terang benderang, Skripsi ini ditulis dalam rangka melengkapi syarat syarat guna memperoleh. gelar strata satu S 1 dalam Program Studi Perbandingan Madzhab Hukum Jurusan. Perbandingan Madzhab Fiqih Fakultas Syari ah dan Hukum Universitas Islam Negri. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berjudul Poligami Menurut Muhammad. Syahrur Dalam Pandangan Islam, Untuk menyelesaikan skripsi ini penulis banyak mendapat petunjuk dan.
bimbingan dari berbagai pihak baik secara langsung dan tidak langsung yang terlibat. dan ikut berpartisipasi dalam membantu penulis menyelesaikan skripsi ini Karenanya. penulis ucapakan terimakasih kepada yang terhormat. 1 Prof Dr H M Amin Suma SH MA MM selaku Dekan Fakultas. Syari ah dan Hukum Universitas Islam Negri UIN Syarif Hidayatullah. 2 Dr H Muhammad Taufiki M Ag Ketua Program Studi Perbandingan. madzhab Hukum sekaligus penguji ujian skripsi Fahmi Muhammad. Ahmadi M Si Sekertaris Program Studi Perbandingan madzhab Hukum. Drs Ahmad Yani MA Dosen Pembimbing Skripsi serta Hotnida. Nasution MA penguji ujian skripsi Terimakasih atas bantuan perhatian. serta arahan yang selama ini diberikan, 3 Dosen dan Karyawan di Lingkungan Fakultas Syari ah dan Hukum. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah. memberikan pengetahuan dan bantuannya kepada penulis. 4 Teristimewa buat Ayahanda Alm H Madin Mahmudin dan Ibunda. Ma muroh tercinta Yang telah merawat dan mengasuh serta mendidik. dengan penuh kasih sayang beserta kakak dan adik yang selalu menjadi. motifator dalam pembuatan skripsi ini yang tiada lelah selalu memberikan. 5 Kepada seluruh pihak yang secara langsung maupun tidak membantu. dalam penulisan skripsi ini, Atas segala bantuannya penulis ucapkan jazakumullah khoiron. katsiron Semoga skripsi ini bermanfaat bagi semua pihak Amin. Jakarta 12 September 2011,DAFTAR ISI,KATA PENGANTAR i. DAFTAR ISI iii,BAB I PENDAHULUAN 1,A Latar Belakang Masalah 1. B Pembatasan dan Perumusan Masalah 8,C Telaah Pustaka 9.
D Tujuan dan Kegunaan Penilitian 10,E Metodologi Penelitian dan Teknik Penulisan 12. F Sistematika Penulisan 13,BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG POLIGAMI 15. A Pengertian Poligami dan Landasan Hukum 15,B Faktor faktor Pendorong Poligami 17. C Poligami dalam Lintas Sejarah 20,D Poligami dalam Pandangan Hukum Islam 26. BAB III BIOGRAFI DAN POLIGAMI MENURUT MUHAMMAD, A Riwayat Hidup Muhammad Syahrur dan Karya karyanya 40.
B Poligami dalam Pandangan Muhammad Syahrur 43,BAB IV PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR TENTANG. POLIGAMI DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM, A Metodologi Muhammad Syahrur dalam Menganalisa Ayat. Poligami 49, B Analisis Terhadap Kerangka Berfikir Muhammad Syahrur. Tentang Poligami dalam Kajian Usul Fiqih 55,BAB V PENUTUP 61. A Kesimpulan 61,B Saran 62,DAFTAR PUSTAKA 64,PENDAHULUAN.
A Latar Belakang Masalah, Makhluk bumi yang bernama manusia diciptakan Sang Pencipta. dengan pasangannya Karena itu kapan dan dimana pun pada saatnya mereka. saling mencari dan menemukan pasangannya masing masing Begitu pula. kalau hukum alam untuk menurunkan generasi sudah berfungsi tak satu. manusia yang dapat menghambat 1 Salah satu ciri yang tidak dapat. dipisahkan dari manusia adalah bahwa manusia makhluk yang bermasyarakat. Ibnu Khaldun pernah juga mengatakan bahwa manusia pasti dilahirkan di. tengah tengah masyarakat dan tidak mungkin hidup kecuali bersama sama. masyartakat itu 2, Islam sebuah agama dan pedoman hidup mengatur pola masyarakat. terkecil itu dalam aturan melalui lembaga pernikahan yang bertujuan. membangun keluarga yang tentram dan penuh cinta kasih antara orang yang. ada di dalamnya Hal ini ditunjukkan dalam firman Allah dalam surat ar. Ruum 30 21, Hasan Aedy Antara Poligami Syari ah dan Perjuangan kaum perempuan Bandung. Alfabeta 2007 Cet 1 h 82, Muhammad Amin Suma Hukum Keluarga Islam di Negara Muslim Jakarta Raja Grafindo. Persada 2005 h 1, Artinya Dan di antara tanda tanda kekuasaan Nya ialah dia menciptakan.
untukmu isteri isteri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa. tenteram kepadanya dan dijadikan Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi. kaum yang berfikir, Tema poligami telah banyak dibahas oleh ulama sejak dahulu dan. perdebatannya sampai sekarang Hal ini dapat dikemukakan terutama dalam. kitab kitab fiqih dan tafsir Hanya saja pandangan yang berkembang selama. ini cenderung memperkuat pendapat yang membolehkan konsep poligami. ta addud al zawjat 3 dengan menggunakan dalil al Qur an yakni surat an. Artinya Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap hak. hak perempuan yang yatim bilamana kamu mengawininya Maka kawinilah. wanita wanita lain yang kamu senangi dua tiga atau empat Kemudian jika. kamu takut tidak akan dapat berlaku adil Maka kawinilah seorang saja atau. Nasaruddin Umar Fikih Wanita Untuk Semua Jakarta Serambi Ilmu Semesta 2010 Cet 1. budak budak yang kamu miliki yang demikian itu adalah lebih dekat kepada. tidak berbuat aniaya, Perhatian penuh Islam terhadap poligami sebagaimana ayat di atas ini. tidak semata semata tanpa syarat Islam menetapkannya dengan syarat yaitu. keadilan dan pembatasan jumlah Keadilan menjadi syarat karena istri. mempunyai hak untuk hidup dan bahagia Adapun pembatasan jumlah. menjadi syarat karena jika tidak dibatasi maka keadilan akan sulit ditegakkan. Jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi maka tentu saja Islam melarangnya. dengan dua persyaratan itu berarti Islam telah memerhatikan hak hak. perempuan khususnya dalam masalah perkawinan 4, Al Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan ketika menafsirkan. surat AN Nisa ayat 3 Maksudnya jika ada perempuan yatim dalam. perlindunganmu dan kamu khawatir tidak dapat memberinya mahar yang. memadai maka beralihlah kepada wanita selainnya sebab wanita lain juga. masih banyak dan Allah tidak mempersulitnya 5, Al Bukhari meriwayatkan dari Urwah bin Zubair bahwa Urwah. bertanya kepada Aisyah ihwal firman Allah, Rodli Makmun dkk Poligami dalam Tafsir Muhammad Syahrur Ponorogo STAIN.
Ponorogo Press 2009 cet 1 h 19, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Penerjemah Syihabuddin Jakarta Gema Insani Press 1999. Cet K 1 h 645, Maka Aisyah berkata Wahai putra saudaraku wanita yatim ini. berada dalam perlindungan wali Wanita yatim menggabungkan hartanya. dengan harta walinya Lalu si wali terpesona dengan kecantikan dan hartanya. Kemudian hendak menikahinya tanpa mau berlaku dalam masalah mahar. tidak memberi mahar seperti yang lazim diberikan kepada wanita lain Para. wali dilarang menikahi wanita yatim kecuali berlaku adil terhadapnya dan. memberi mereka mahar yang lazim pada saat dewasa Para wali disuruh. menikahi wanita wanita lain saja 6,Firman Allah Ta ala Dua tiga atau empat Yakni. nikahilah wanita yang kamu kehendaki selain wanita yatim Jika kamu mau. nikahilah dua wanita tiga atau empat Sunnah Rasulullah saw yang. menerangkan informasi dari Allah menunjukkan bahwa seorang pun tidak. boleh selain Rasulullah menikahi lebih dari empat orang wanita sebab yang. demikian itu merupakan kekhususan untuk Rasulullah saw. Imam Ahmad meriwayatkan dari Salim dari ayahnya, Dari Salim dari ayahnya r a bahwasanya Ghilan bin Salamah masuk Islam. sedangkan dia memiliki 10 orang istri Dan semua istrinya masuk Islam pula. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir h 645, bersamanya Maka Nabi Muhammad s a w menyuruh memilih dari istrinya.
istrinya sebanyak empat orang 7,Firman Allah Ta ala surat An Nisa 4 3. Artinya Jika kamu khawatir tidak dapat berlaku adil maka nikahi. seorang saja atau budak yang kamu miliki Yakni jika banyaknya istri itu. mengkhawatirkanmu untuk tidak dapat berlaku adil diantara mereka. sebagaimana firman Allah Ta ala Sekali kali kamu tidak dapat berlaku adil. di antara istri istrimu walaupun kamu sangat menginginkan berbuat adil. Jika kamu khawatir berbuat zalim maka kawinlah dengan seorang wanita saja. atau dengan beberapa budak perempuan yang ada dalam kuasaanmu sebab. pemberian giliran di antara budak budak bukan suatu kewajiban namun. merupakan anjuran Jika dilakukan maka hal itu baik dan jika ditinggalkan. maka tidak apa apa Firman Allah Ta ala Hal itu lebih dekat untuk tidak. berbuat aniaya yakni zalim Dikatakan aalin filhukmi jika seseorang. menyimpang zalim dan aniaya Dalam hadits yang disandarkan kepada. Aisyah dikatakan bahwa firman Allah Hal itu lebih dekat untuk tidak. Al Hafidh Ibnu Hajar al Asqalani Bulughul Maram Min Adillatul Ahkam hadits no 1037 h. berbuat aniaya berarti kamu tidak berbuat aniaya Demikian menurut. riwayat Ibnu Abi Hatim 8, Dimensi kontroversial poligami sangat tajam dan hampir sulit. dipertemukan Satu kelompok memandang bahwa poligami merupakan. fasilitas yang diberikan Allah kepada para suami dan menganggapnya bukan. saja termasuk sesuatu yang dihalalkan tetapi juga menjadikan tindakan yang. tidak adil terhadap relasi suami dan isteri Hal inilah yang membawa. persoalan poligami menjadi sulit untuk dikompromikan Karena setiap. kelompok juga menggunakan metodologi yang berbeda beda sehingga. menghasilkan produk hukum yang berbeda beda pula bahkan bertentangan. satu sama lain, Upaya untuk tetap menjawab tantangan modernitas dengan. mensinergikan ajaran Islam dalam al Qur an dan Sunnah juga dilakukan. oleh Muhammad Syahrur yang menggunakan analisa linguistik dan saintifik. dalam memahami ayat ayat al Qur an 9, Muhammad Syahrur adalah pemikir Islam yang mempunyai solusi. menarik untuk persolan poligami dan anak yatim Syahrur dilahirkan di. Damaskus Syiria pada 11 Maret 1938 Ia adalah insinyur teknik sipil dengan. spesialisasi mekanik dan bangunan tanah namun ia juga mempunyai minat. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Penerjemah Syihabuddin Cet Ke 1 Jakarta Gema Insani. Press 1999 h 650, Rodli Makmun dkk Poligami dalam Tafsir Muhammad Syahrur h 2.
besar terhadap filsafat dan fiqh al lighah filologi ilmu bahasa Bidang. bidang keilmuan tersebut kemudian banyak mendasari pemikiran. pemikirannya Ia telah menulis banyak buku pemikiran keagamaan. diantaranya al kitab wa al Qur an Qira ah Mu ashirah 1990 al Islam wa. al Iman Manzumah al Qiyam 1996 Dirasat Islamiyyah Mu ashirah fi al. Dawalah wa al Mujtama 1994 dan Nahw Usul Jadidah li al Fiqh al Islamiy. Menurut Syahrur poligami harus dikaitkan dengan persoalan. perlindungan anak yatim sebagaimana yang diamanatkan al Qur an Poligami. menurutnya sah sah saja asalkan anak yatim terpenuhi kebutuhannya untuk. mencapai kebahagiaan dan kesejahteraannya, Poligami tidak hanya diperbolehkan tapi dianjurkan oleh Islam. Namun pula poligami hanya boleh dilakukan dengan dua syarat yang harus. terpenuhi yaitu isteri kedua ketiga dan keempat adalah para janda yang. memiliki anak dan syarat kedua berbuat adil kepada anak anak yatim. Sudut pandang ini yang membedakan Syahrur dengan beberapa ahli. tafsir terdahulu yang menginterprestasikan al Qur an dengan beberapa metode. penafsiran yang sudah mapan di dunia Islam Syahrur menjadi tokoh. Pengantar Penerbit dalam Muhammad syahrur Prinsip dan Dasar Hermeunetika Al Qur an. Kontemporer Penerjemah Sahiron Syamsuddin Yogyakarta Elsaq 2004 h xi. BAB IV PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR TENTANG POLIGAMI DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM A Metodologi Muhammad Syahrur dalam Menganalisa Ayat Poligami 49 B Analisis Terhadap Kerangka B e rfikir Muhammad Syahrur Tentang Poligami dalam Kajian Usul Fiqih 5 5 BAB V PENUTUP 6 1 A Kesimpulan 6 1 B Saran 6 2 DAFTAR PUSTAKA 6 4 1 BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Masalah

Related Books