PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG TINGGAL DI PANTI

Penerimaan Diri Pada Remaja Putri Yang Tinggal Di Panti-PDF Download

  • Date:16 Sep 2020
  • Views:1
  • Downloads:0
  • Pages:272
  • Size:2.31 MB

Share Pdf : Penerimaan Diri Pada Remaja Putri Yang Tinggal Di Panti

Download and Preview : Penerimaan Diri Pada Remaja Putri Yang Tinggal Di Panti


Report CopyRight/DMCA Form For : Penerimaan Diri Pada Remaja Putri Yang Tinggal Di Panti


Transcription:

UNIVERSITAS MEDAN AREA,UNIVERSITAS MEDAN AREA,UNIVERSITAS MEDAN AREA. PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG TINGGAL DI,PANTI ASUHAN DARUL AITAM MEDAN. MEITA SARAMI PUTRI,NPM 14 860 0110, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai penerimaan diri. remaja putri yang tinggal di panti asuhan Darul Aitam Medan Penelitian ini. bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerimaan diri pada remaja. putri yang tinggal di panti asuhan Darul Aitam Medan Responden dalam. penelitian ini adalah tiga orang remaja putri yang berusia antara 15 18 tahun dan. tinggal di panti asuhan sekitar selama 2 4 tahun lamanya Dalam penelitian ini. metode yang digunakan adalah metode wawancara dengan menggunakan. pedoman wawancara Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui. bahwa ketiga responden memiliki gambaran yang baik dalam penerimaan dirinya. karena masing masing responden memiliki beberapa aspek penerimaan diri di. dalam diri mereka masing masing seperti memiliki aspek persepsi mengenai diri. dan penampilan sikap terhadap kelemahan dan kekuatan diri sendiri dan orang. lain respon atas penolakan dan kritikan perasaan rendah diri sebagai gejolak. penerimaan diri penerimaan diri dan penerimaan orang lain keseimbangan antara. real self dan ideal self spontanitas dan menikmati hidup aspek moral. penerimaan diri dan sikap terhadap penerimaan diri. Kata Kunci Remaja panti asuhan penerimaan diri,UNIVERSITAS MEDAN AREA. SELF ACCEPTANCE OF YOUNG WOMEN LIVE IN ORPHANAGES,DARUL AITAM MEDAN.
MEITA SARAMI PUTRI,NPM 14 860 0110, This research is a qualitative research on self acceptance of young women. who live in Darul Aitam Medan orphanage This study aims to find out how the. self acceptance picture in young women who live in Darul Aitam Medan. orphanage Respondents in this study were three young women aged between 15. 18 years and lived in an orphanage for about 2 4 years In this study the method. used was the interview method using interview guidelines Based on the results of. research conducted it is known that all three respondents have a good picture of. their acceptance because each respondent has several aspects of self acceptance. within each of them as having aspects of perception about themselves and. appearance attitudes towards weaknesses and strength of self and others. response to rejection and criticism feelings of inferiority as turmoil of self. acceptance self acceptance and acceptance of others a balance between real. self and ideal self spontaneity and enjoyment of life moral aspects of self. acceptance and attitude towards self acceptance,Keywords Teenagers orphanages self acceptance. UNIVERSITAS MEDAN AREA,KATA PENGANTAR, Puji dan syukur peneliti ucapkan atas kehadirat ALLAH SWT yang mana. telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada peneliti sehingga dapat. menyelesaikan penyusunan skripsi ini Shalawat beserta salam senantiasa peneliti. sampaikan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarga. sahabat dan pengikut yang setia Adapun judul skripsi ini adalah Penerimaan. Diri Pada Remaja Putri yang Tinggal di Panti Asuhan Darul Aitam Medan. Skripsi ini disusun guna untuk memenuhi persyaratan untuk. menyelesaikan studi serta salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Dalam kesempatan ini peneliti mengucapkan terimakasih kepada berbagai. pihak yang telah membantu peneliti selama proses penyusunan skripsi ini Tanpa. bantuan dari berbagai pihak kiranya penyusunan skripsi ini tidak akan terlaksana. dengan baik Peneliti ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya terutama. 1 Ayahanda tercinta Iskandar S Ag dan Ibunda tersayang Jawiriah R yang telah. banyak memberikan cinta kasih sayang dan dukungan yang tak ternilai. kepada peneliti,2 Yayasan pendidikan Haji Agus Salim. 3 Prof Dr Dadan Ramdan M Eng M Sc selaku Rektor Univeritas Medan Area. 4 Bapak Prof Dr Abdul Munir M Pd selaku Dekan Fakultas Psikologi. Universitas Medan Area,UNIVERSITAS MEDAN AREA, 5 Bapak Chairul Anwar Dalimunte S Psi M Psi selaku Wakil Dekan Fakultas.
Psikologi Universitas Medan Area, 6 Bapak Andy Chandra S Psi M Psi Psikolog selaku Dosen Pembimbing I yang. sudah bersedia meluangkan waktu dan memberikan ilmu yang begitu banyak. dalam menyelesaikan skripsi ini, 7 Ibu Shirley Melita Sembiring M Psi Psikolog selaku Dosen Pembimbing II. yang sudah sabar dan ikhlas di waktu kesibukan mengajar untuk memberikan. ilmu saran dan arahan sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi ini. 8 Bapak Drs Mulia Siregar M Psi selaku Ketua Penguji yang telah banyak. memberikan masukan kepada peneliti, 9 Ibu Istiana S Psi M Pd selaku Sekretaris yang telah memberikan saran yang. membangun dan berbaik hati kepada peneliti, 10 Seluruh Dosen Psikologi Universitas Medan Area atas semua ilmu yang telah. diberikan mudah mudahan ilmu ini dapat digunakan dan dapat diterapkan. dengan baik oleh peneliti, 11 Ketua Yayasan Penyantunan Yatim Piatu Aceh Sepakat Darul Aitam Medan.
seluruh staff dan pengasuh yang telah menerima peneliti dengan baik. 12 Para responden dan informan yang telah bersedia meluangkan waktunya serta. memberikan informasi informasi yang dibutuhkan oleh peneliti selama. penyusunan skripsi ini, 13 Adik adik yang tinggal di Panti Asuhan Darul Aitam Medan yang telah. memberikan perhatian dan hiburan selama proses pengambilan data untuk. penyusunan skripsi ini,UNIVERSITAS MEDAN AREA, 14 Kakanda Novita Fitri S Pd dan Keluarga yang telah memberikan banyak. dukungan dan semangat kepada peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini. 15 Abanda Edi Saputra S Pd dan Keluarga yang telah memberikan banyak. nasehat motivasi dan saran dalam menyelesaikan skripsi ini. 16 Abanda Bripka Kuara Putra dan Keluarga yang telah memberikan banyak. dukungan moril dan materil selama proses penyusunan skripsi ini. 17 Sahabat sahabatku GIRLSKWAT yang telah banyak sekali membantu. memberikan waktu motivasi kritik dan saran kepada peneliti dalam. menyelesaikan skripsi ini, 18 Sahabat sedari dulu Ryika Lestari yang selalu menjadi pendengar yang baik. penyemangat dan penghibur yang baik bagi peneliti selama proses penyusunan. skripsi ini, 19 Semua teman teman seperjuangan mahasiswa Psikologi Universitas Medan. Area khususnya kelas A stambuk 2014, 20 Dan semua pihak yang membantu peneliti menyelesaikan skripsi ini yang tidak.
dapat disebutkan satu persatu,Medan 6 Oktober 2018. Meita Sarami Putri,UNIVERSITAS MEDAN AREA,DAFTAR ISI. HALAMAN JUDUL SAMPUL DEPAN i,HALAMAN PERSETUJUAN ii. HALAMAN PENGESAHAN iii,SURAT PERNYATAAN iv,HALAMAN MOTTO v. HALAMAN PERSEMBAHAN vi,KATA PENGANTAR vii,DAFTAR ISI xii.
DAFTAR TABEL xv,DAFTAR LAMPIRAN xvi,BAB I PENDAHULUAN. A Latar Belakang 1,B Fokus Penelitian 8,C Signifikansi dan Keunikan Penelitian 8. D Tujuan Penelitian 10,E Manfaat Penelitian 10,BAB II TINJAUAN TEORITIS. A Remaja 12,1 Pengertian Remaja 12,2 Ciri ciri Remaja 14. 3 Tugas Perkembangan Remaja 18,B Panti Asuhan 20,1 Pengertian Panti Asuhan 20.
UNIVERSITAS MEDAN AREA,2 Fungsi Panti Asuhan 21,3 Persoalan Remaja di Panti Asuhan 22. C Penerimaan Diri Self Acceptance 23,1 Pengertian Penerimaan Diri 23. 2 Ciri ciri Penerimaan Diri 26,3 Aspek aspek Penerimaan Diri 27. 4 Faktor faktor Penerimaan Diri 30, D Penerimaan Diri pada Remaja Putri yang Tinggal di Panti Asuhan 32. Paradigma Penelitian 35,BAB III METODOLOGI PENELITIAN.
A Tipe Penelitian 36,B Unit Analisis 37,C Responden dan Lokasi Penelitian 38. D Metode Pengambilan Data 39,E Teknik Analisis Data 40. F Prosedur Penelitian 41,G Kredibilitas Penelitian 44. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN,A Identitas Responden dan Informan 46. B Analisis Interpersonal 47,1 Analisis Interpersonal Responden I 47.
2 Analisis Interpersonal Responden II 65,3 Analisis Interpersonal Responden III 84. C Analisis Antarpersonal 102,D Pembahasan 111,BAB V SARAN DAN KESIMPULAN. A Kesimpulan 138,B Saran 145,DAFTAR PUSTAKA 146,UNIVERSITAS MEDAN AREA. DAFTAR TABEL,Tabel 1 Identitas Responden 46,Tabel 2 Identitas Informan 46. Tabel 3 Jadwal Penelitian Responden 1 47,Tabel 4 Analisis interpersonal 60.
Tabel 5 Jadwal penelitian responden II 65,Tabel 6 Analisis interpersonal 70. Tabel 7 Jadwal Penelitian Responden III 83,Tabel 8 Analisis Interpersonal 95. Tabel 9 Analisis Antarpersonal Responden 100,UNIVERSITAS MEDAN AREA. DAFTAR LAMPIRAN,LAMPIRAN A,Pedoman Wawancara 142,LAMPIRAN B. Lampiran Verbatim Responden I 144,Lampiran Verbatim Responden II 205.
Lampiran Verbatim Responden III 273,LAMPIRAN C, Lembar Data Persetujuan Responden Informed Consent 342. UNIVERSITAS MEDAN AREA,PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah. Panti asuhan merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial untuk. membantu anak anak yang sudah tidak memiliki orang tua Di dalam Kamus. Besar Bahasa Indonesia 2001 panti asuhan merupakan sebuah tempat untuk. merawat dan memelihara anak anak yatim piatu atau yatim piatu Pengertian. yatim adalah tidak memiliki seorang ayah piatu adalah tidak memiliki ibu. sedangkan yatim piatu adalah tidak memiliki ayah dan ibu Namun tidak hanya. untuk anak yatim maupun yatim piatu panti asuhan juga terbuka untuk anak anak. selain mereka seperti anak terlantar, Menurut Himpunan Peraturan Perundang undangan tentang perlindungan. anak 2002 Undang Undang Republik Indonesia No 4 Tahun 1979 pasal 2 ayat. 1 tampak jelas terlihat bahwa setiap anak berhak untuk mendapat kesejahteraan. perawatan asuhan dan bimbingan berdasarkan kasih sayang baik dalam. keluarganya maupun di dalam asuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang. wajar Penghuni panti asuhan bukan saja anak anak tetapi mulai dari anak anak. hingga dewasa Penghuni panti asuhan tersebut adalah orang orang yang. mengalami berbagai permasalahan sosial, Jumlah panti asuhan di seluruh Indonesia diperkirakan antara lima ribu. sampai delapan ribu yang mengasuh sampai setengah juta anak Pemerintah. Indonesia hanya memiliki dan menyelenggarakan sedikit dari panti asuhan. tersebut dan lebih dari 99 panti asuhan diselenggarakan oleh masyarakat. terutama organisasi keagamaan Sudrajat 2008,UNIVERSITAS MEDAN AREA.
Diselenggarakannya panti asuhan selain memberikan penghidupan yang. layak secara ekonomi dan pendidikan juga bertujuan untuk memberikan. perkembangan mental yang sehat dengan diberikannya lingkungan yang penuh. kasih sayang Dari lingkungan yang penuh kasih sayang tersebut diharapkan salah. satunya yakni para anak asuh yang tinggal di panti asuhan dapat menerima. keadaan diri mereka dengan baik, Minnis Everet Pelosi Dunn dan Knapp 2006 menyatakan bahwa anak. anak panti asuhan diidentifikasi sering mengalami masalah perilaku dan. emosional Masalah tersebut dialami anak anak panti asuhan bahkan sejak hari. pertama mereka masuk ke dalam panti asuhan Simpulan ini didasari pikiran. bahwa anak anak yang dikirim ke panti asuhan adalah mereka yang berasal dari. keluarga yang bermasalah, Zima Bussing Freeman Yang Belin dan Forness 2000 juga. mengindikasikan gangguan perilaku dan emosi yang dialami oleh anak panti. asuhan dan berpendapat bahwa hal itu dapat dipahami karena beberapa alasan. Pertama hal itu disebabkan anak anak panti sebelumnya memiliki latar belakang. tekanan psikososial yang berat seperti mengalami pelecehan abuse dan. pengabaian neglect kondisi kemelaratan tunawisma dan hidup dengan orang. tua yang menjadi pecandu narkoba Masalah yang dialami anak panti asuhan. termasuk juga gangguan perkembangan dan prestasi akademis Kasus kasus. kenakalan remaja juga banyak terjadi atau dialami oleh remaja remaja yang. tinggal di panti asuhan Hal ini sejalan dengan hasil wawancara yang di lakukan. oleh peneliti kepada remaja putri yang tinggal di panti asuhan Darul Aitam. penerimaan diri dan sikap terhadap penerimaan diri Kata Kunci Remaja panti asuhan penerimaan diri UNIVERSITAS MEDAN AREA ABSTRACT SELF ACCEPTANCE OF YOUNG WOMEN LIVE IN ORPHANAGES DARUL AITAM MEDAN BY MEITA SARAMI PUTRI NPM 14 860 0110 This research is a qualitative research on self acceptance of young women who live in Darul Aitam Medan orphanage This study aims to find out

Related Books