MODUL

Modul-PDF Download

  • Date:24 Feb 2020
  • Views:808
  • Downloads:5
  • Pages:143
  • Size:2.77 MB

Share Pdf : Modul

Download and Preview : Modul


Report CopyRight/DMCA Form For : Modul


Transcription:

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN,MATA PELAJARAN GEOGRAFI. SEKOLAH MENENGAH ATAS SMA,KELOMPOK KOMPETENSI F,Profesional Geografi Regional. Pedagogik Implementasi Rancangan Pembelajaran,Penulis Dra Retno Kinteki M Sos. DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN,KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Dra Retno Kinteki M Sos PPPPTK PKn dan IPS 08125268803. Dr Singgih Susilo M S M Si Universitas Negeri Malang. Ilustrator,Copyright 2017, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Direktorat Jenderal. Guru Dan Tenaga Kependidikan,Hak Cipta Dilindungi Undang Undang. Dilarang mengcopy sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan. komersil tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. KATA SAMBUTAN, Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci. keberhasilan belajar siswa Guru profesional adalah guru yang kompeten. membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan. pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima Hal tersebut menjadikan guru. sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah. daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi. Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan. Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan. Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam. upaya peningkatan kompetensi guru Sejalan dengan hal tersebut pemetaan. kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru UKG untuk. kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015 Peta profil hasil. UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan. pengetahuan pedagogik dan profesional Peta kompetensi guru tersebut. dikelompokkan menjadi 10 sepuluh kelompok kompetensi Tindak lanjut. pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada. tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Tujuannya adalah untuk. meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar. utama bagi peserta didik Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda yaitu 1 Moda Tatap Muka 2 Moda. Daring Murni online dan 3 Moda Daring Kombinasi kombinasi antara tatap. muka dengan daring, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. PPPPTK Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga. Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi LP3TK. KPTK dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah. LP2KS merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal. Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan. perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka. dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi Dengan. modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas. kompetensi guru, Mari kita sukseskan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini untuk. mewujudkan Guru Mulia Karena Karya,KATA PENGANTAR, Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan.
kompetensi guru secara berkelanjutan diawali dengan pelaksanaan Uji Kompetensi. Guru dan ditindaklanjuti dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan tersebut Pusat Pengembangan dan. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan. dan Ilmu Pengetahuan Sosial PPPPTK PKn dan IPS telah mengembangkan Modul. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk jenjang SMA yang meliputi. Geografi Ekonomi Sosiologi Antropologi dan jenjang SMA SMK yang meliputi PPKn. dan Sejarah serta Bahasa Madura SD yang terintegrasi Penguatan Pendidikan. Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun. 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru serta. Permendikbud No 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi. sepuluh kelompok kompetensi Setiap modul meliputi pengembangan materi. kompetensi pedagogik dan profesional Subtansi modul ini diharapkan dapat. memberikan referensi motivasi dan inspirasi bagi peserta dalam mengeksplorasi. dan mendalami kompetensi pedagogik dan profesional guru. Kami berharap modul yang disusun ini dapat menjadi bahan rujukan utama dalam. pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Untuk pengayaan. materi peserta diklat disarankan untuk menggunakan referensi lain yang relevan. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam. penyusunan modul ini,Batu April 2017,Drs M Muhadjir M A. NIP 195905241987031001,DAFTAR ISI,KATA SAMBUTAN I,KATA PENGANTAR III. DAFTAR ISI IV,DAFTAR GAMBAR VII,DAFTAR TABEL VIII,PENDAHULUAN 1. A LATAR BELAKANG 1,B TUJUAN 2,C PETA KOMPETENSI 2,D RUANG LINGKUP 3. E CARA PENGGUNAAN MODUL 3, KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 5.
A TUJUAN 5,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 5,C URAIAN MATERI 5. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN 15,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 18. F RANGKUMAN 19,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 20, KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL 21. A TUJUAN 21,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 21,C URAIAN MATERI 21. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 30,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 30.
F RANGKUMAN 32,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 33, KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 INTERAKSI SPASIAL DESA KOTA 34. A TUJUAN 34,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 34,C URAIAN MATERI 34. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 47,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 48. F RANGKUMAN 48,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 49, KEGIATAN PEMBELAJARAN 4 REGIONAL NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG 51. A TUJUAN 51,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 51,C URAIAN MATERI 51.
D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN1 75,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 76. F RANGKUMAN 80, KEGIATAN PEMBELAJARAN 5 PERANCANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL MODEL. PEMBELAJARAN 83,A TUJUAN 83,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 83. C URAIAN MATERI 83,D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 86. E LATIHAN KASUS TUGAS ON 88,F RANGKUMAN 89,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 90.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 6 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI 91. A TUJUAN 91,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 91,C URAIAN MATERI 91. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN1 93,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 94. F RANGKUMAN 94,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 95, KEGIATAN PEMBELAJARAN 7 PERANCANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI 96. A TUJUAN 96,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 96,C URAIAN MATERI 96. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 105,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 105.
F RANGKUMAN 106,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 106. KEGIATAN PEMBELAJARAN 8 IMPLEMENTASI RPP DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI 107. A TUJUAN 107,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 107. C URAIAN MATERI 107,D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 119. E LATIHAN KASUS TUGAS ON 119,F RANGKUMAN 119,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 120. DAFTAR PUSTAKA 121,LAMPIRAN 124,A STANDAR KOMPETENSI GURU 124.
B FORMAT KISI KISI SOAL 1,C FORMAT KARTU SOAL 2,DAFTAR GAMBAR. GAMBAR 1 1 SKEMA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 10,GAMBAR 1 2 PROFIL LUBANG RESAPAN BIOPORI 14. GAMBAR 1 3 ICON PETA HIJAU 15,GAMBAR 1 4 ALAT DAN BAHAN PEMBUATAN BIOPORI 16. GAMBAR 1 5 CARA PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI 16. GAMBAR 1 6 DENAH SEKOLAH 17,GAMBAR 1 7 CONTOH ICON GREEN MAP 17. GAMBAR 2 1 GAYA RAMBUT BUDAYA ASING 25,GAMBAR 2 2 KESENIAN TRADISIONAL 28.
GAMBAR 3 1 BENTUK DESA MENYUSUR PANTAI 37,GAMBAR 3 2 BENTUK DESA TERPUSAT 37. GAMBAR 3 3 BENTUK DESA DAERAH DATARAN RENDAH 38, GAMBAR 3 4 STRUKTUR KOTA MENURUT TEORI KONSENTRIS 43. GAMBAR 3 5 POLA KERUANGAN KOTA MENURUT HOMER HOYT 44. GAMBAR 3 6 STRUKTUR KOTA MENURUT TEORI INTI GANDA 44. GAMBAR 3 7 KOTA MODEL KONSENTRIS 48, GAMBAR 4 1 BAGAN PENGELOMPOKAN NEGARA BERDASARKAN TINGKAT PEREKONOMIAN DAN TEKNOLOGINYA 53. GAMBAR 4 2 HUBUNGAN ANTARA INCOME PERKAPITA PENDAPATAN NASIONAL KASAR DAN PENDUDUK 56. DAFTAR TABEL,TABEL 1 1 LINGKUP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 11. TABEL 4 1 PERBANDINGAN SDA MODAL DAN SDM NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG 61. TABEL 4 2 INDIKATOR NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG 64. TABEL 5 1 TAHAPAN TAHAPAN MODEL PBL 85, TABEL 7 1 TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN 99.
TABEL 7 2 FORMAT OBSERVASI KEGIATAN DISKUSI 100,TABEL 7 3 RUBRIK PENILAIAN TUGAS 101. TABEL 7 4 RUBLIK PENILAIAN PRAKTIK 102,PENDAHULUAN. A Latar Belakang, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB sebagai salah satu. strategi pembinaan guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat. menjamin guru dan tenaga kependidikan secara terus menerus memelihara. meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan standar yang. telah ditetapkan Pelaksanaan kegiatan PKB akan mengurangi kesenjangan. antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan. tuntutan profesional yang dipersyaratkan, Guru dan tenaga kependidikan wajib melaksanakan PKB baik secara. mandiri maupun kelompok Khusus untuk PKB dalam bentuk diklat dilakukan. oleh lembaga pelatihan sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Penyelenggaraan diklat PKB dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK KPTK. salah satunya adalah di PPPPTK PKn dan IPS Pelaksanaan diklat tersebut. memerlukan modul sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta diklat. Dalam modul ini akan dintegrasikan dengan Penguatan Pendidikan. Karakter PPK melalui gerakan PPK yang terdiri dari 5 nilai yaitu nilai religius. nasionalis mandiri gotong royong dan integritas Gerakan PPK yaitu gerakan. pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi. olah hati etik olah rasa estetik dan olah pikir literasi dan olah raga. kinestetik dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antar sekolah. keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional. Revolusi Mental GNRM Implementasi PPK dapat berbasis kelas sekolah. dan masyarakat keluarga dan komunitas Dalam rangka mendukung. kebijakan gerakan PPK modul ini mengintegrasikan 5 nilai utama PPK seperti. yang telah disebutkan diatas Kelima nilai utama tersebut terintegrasi pada. kegiatan kegiatan pembelajaran dalam modul Setelah mempelajari modul. diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional. dan dapat mengimplementasikan PPK khususnya PPK yang berbasis kelas. Modul ini merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari. secara mandiri oleh peserta diklat PKB mata pelajaran Geografi SMA Modul. ini berisi materi metode batasan batasan tugas dan latihan serta petunjuk. cara penggunaannya yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk. mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat. kompleksitasnya Dasar hukum dari penulisan modul ini adalah. 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang. Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan. Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang.
3 Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi. Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan. Angka Kreditnya, 4 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16. tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 5 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 41 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK. 1 Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai Standar Kompetensi. yang ditetapkan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. 2 Memenuhi kebutuhan guru dalam peningkatan kompetensi sesuai dengan. perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, 3 Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok. dan fungsinya sebagai tenaga profesional, 4 Mengembangkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas,C Peta Kompetensi. Peta kompetensi yang akan dicapai atau ditingkatkan melalui modul. merujuk pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 sebagai berikut. 1 Menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang. mendukung mata pelajaran yang diampu, 2 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran.
yang diampu,Geografi SMA K 6 2, 3 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. 4 Menguasai hakikat struktur keilmuan ruang lingkup dan objek geografi. 5 Membedakan pendekatan pendekatan geografi, 6 Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam. 7 Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi, 8 Menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas. D Ruang Lingkup, Ruang lingkup modul Guru Pembelajar Kelompok Kompetensi B pada. kompetensi profesional dan pedagogik adalah sebagai berikut. 1 Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan,2 Budaya Nasional dan Interaksi Global.
3 Interaksi Spasial Desa dan Kota,4 Regional Negara Maju dan Berkembang. mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya Dasar hukum dari penulisan modul ini adalah 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor

Related Books