Buku Sosiologi C 1 awal

Buku Sosiologi C 1 Awal-PDF Download

  • Date:27 May 2020
  • Views:52
  • Downloads:0
  • Pages:16
  • Size:3.06 MB

Share Pdf : Buku Sosiologi C 1 Awal

Download and Preview : Buku Sosiologi C 1 Awal


Report CopyRight/DMCA Form For : Buku Sosiologi C 1 Awal


Transcription:

Ada Apa dengan Sosiologi i,Kata Pengatar Daftar Isi. endidikan kesetaraan sebagai pendidikan alternatif memberikan layanan kepada mayarakat yang. karena kondisi geografis sosial budaya ekonomi dan psikologis tidak berkesempatan mengikuti Judul Modul i. pendidikan dasar dan menengah di jalur pendidikan formal Kurikulum pendidikan kesetaraan Kata Pengantar ii. dikembangkan mengacu pada kurikulum 2013 pendidikan dasar dan menengah hasil revisi berdasarkan Daftar Isi iii. peraturan Mendikbud No 24 tahun 2016 Proses adaptasi kurikulum 2013 ke dalam kurikulum pendidikan Petunjuk Penggunaan Modul iv. kesetaraan adalah melalui proses kontekstualisasi dan fungsionalisasi dari masing masing kompetensi Tujuan yang Diharapkan Setelah Mempelajari Modul v. dasar sehingga peserta didik memahami makna dari setiap kompetensi yang dipelajari Pengantar Modul v. Pembelajaran pendidikan kesetaraan menggunakan prinsip flexible learning sesuai dengan karakteristik Unit 1 Catatan Waktu Perkembangan Sosiologi 1. peserta didik kesetaraan Penerapan prinsip pembelajaran tersebut menggunakan sistem pembelajaran A Sejarah Perkembangan Sosiologi 2. modular dimana peserta didik memiliki kebebasan dalam penyelesaian tiap modul yang di sajikan B Sifat dan Hakikat Sosiologi 7. Konsekuensi dari sistem tersebut adalah perlunya disusun modul pembelajaran pendidikan kesetaraan PENUGASAN 8. yang memungkinkan peserta didik untuk belajar dan melakukan evaluasi ketuntasan secara mandiri. Unit 2 Objek Kajian Sosiologi 9, Tahun 2017 Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jendral Pendidikan. A Objek Kajian Sosiologi 10, Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mengembangkan modul pembelajaran pendidikan kesetaraan. ARTIKEL TENTANG RUANG LINGKUP SOSIOLOGI 12, dengan melibatkan pusat kurikulum dan perbukuan kemdikbud para akademisi pamong belajar guru dan. tutor pendidikan kesetaraan Modul pendidikan kesetaraan disediakan mulai paket A tingkat kompetensi Penugasan 13. 2 kelas 4 Paket A Sedangkan untuk peserta didik Paket A usia sekolah modul tingkat kompetensi 1 Petunjuk Jawaban 13. Paket A setara SD kelas 1 3 menggunakan buku pelajaran Sekolah Dasar kelas 1 3 karena mereka masih. Unit 3 Penanda Sosiologi 14, memerlukan banyak bimbingan guru tutor dan belum bisa belajar secara mandiri.
Ciri ciri Sosiologi 15, Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud para Penugasan 15. akademisi pamong belajar guru tutor pendidikan kesetaraan dan semua pihak yang telah berpartisipasi. Rangkuman 16,dalam penyusunan modul ini,Referensi lain 21. Daftar Pustaka 21,Jakarta Desember 2017 Sumber Gambar 21. Direktur Jenderal,Harris Iskandar, ii Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Ada Apa dengan Sosiologi iii. Ketiga hasil penilaian modul dari Tutor terhadap hasil belajar Warga Belajar digunakan untuk. Ada Apa Dengan Sosiologi menentukan kriteria pindah modul kriteria lulus dari modul ini Tutor dapat membuat sertifikat. tanda lulus untuk tiap tiap modul Sertifikat lulus modul selanjutnya digunakan untuk persyaratan. mengikuti Ujian Akhir Semester Ujian Akhir Tahun Ujian Kelulusan Selamat belajar untuk Warga. Belajar dengan harapan menjadi Warga Negara Indonesia yang baik dalam harmonisasi antara. hak dan kewajiban pada kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat yang demokratis. Tujuan Yang Diharapkan Setelah Mempelajari Modul, Tujuan yang Diharapkan Setelah Mempelajari Modul Warga Belajar diharapkan dapat memahami.
Petunjuk Penggunaan Modul konsep dasar sosiologi, Pertama kami sampaikan selamat berjumpa kepada Warga Belajar dengan materi Modul 1 Pengantar Modul. Mata Pelajaran Pendidikan Sosiologi untuk Jenjang Pendidikan Kesetaraan Sekolah Menegah. Atas SMA dengan judul Ada Apa Dengan Sosiologi Dalam modul ini akan dibahas beberapa Pernahkah kita menyadari bahwa selama hidup kita telah menjadi anggota atau bagian dari. materi sebagai berikut masyarakat Sejak lahir kita sudah berhubungan dengan orang lain yaitu keluarga kita Setelah. Unit 1 Catatan Waktu Perkembangan Sosiologi itu kita mulai berhubungan dengan orang orang disekitar kita Dan seiring dengan berjalannya. waktu kita mulai menyadari bahwa kita memiliki beberapa persamaan dengan orang lain Selain. Unit 2 Objek Kajian Sosisologi, itu juga semakin menyadari bahwa kita memiliki sifat sifat khas yang membuat diri kita berbeda. Unit 3 Penanda Sosiologi,dengan orang lain, Materi materi tersebut merupakan kelanjutan dari uraian tentang Konsep Dasar Sosiologi. yang dibelajarkan pada jenjang Pendidikan Kesetaraan di Sekolah Menengah Pertama SMP Hal ini merupakan pengetahuan yang bersifat sosiologis yang muncul karena kita ikut serta. dalam hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat Oleh karena adanya perbedaan dan. Kedua Warga Belajar dalam mempelajari modul ini dapat melakukan pembelajaran secara. mandiri atau pun dengan bimbingan Tutor Warga Belajar dapat mulai belajar dengan membaca persamaan dengan orang lain sedikit banyak kita memiliki gambaran yang jelas tentang obyek. secara sungguh sungguh paparan materi sebagaimana tersajikan dalam modul Dalam membaca yang kita pelajari yaitu Sosiologi. modul dimulai dari paparan awal sampai ke paparan akhir secara berurutan karena sajian modul. Nah dalam modul ini kita akan mempelajari bersama tentang ilmu yang mempelajari tentang. disusun dengan urutan tersebut Di tengah tengah uraian materi diselingi dengan tugas tugas. masyarakat dan dinamika masyarakat Ilmu tersebut dinamakan Ilmu Sosiologi. yang secara individual harus dikerjakan Tugas tugas tersebut dimaksudkan untuk memperkuat. pemahaman akan materi yang tersajikan,Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi. Apabila dalam mengerjakan tugas tugas tersebut mengalami kesulitan maka Warga. Belajar dapat menghubungi Tutor untuk meminta bantuan pembimbingan Tugas tugas 3 1 Memahami Sosiologi sebagai ilmu. 3 1 1 Menjelaskan sejarah perkembangan, tersebut selanjutnya dikumpulkan kepada Tutor untuk memperoleh klarifikasi kebenaran dalam pengetahuan yang memiliki obyek kajian.
sosiologi menjelaskan objek kajian,mengerjakannya yaitu realitas sosial dan metode. sifat ciri sosiologi, Pada bagian akhir modul disajikan penilaian kompetensi terhadap Warga Belajar Dalam penelitian untuk mengkaji realitas sosial. penilaian kompetensi pada Mata Pelajaran sosuiologi dilakukan 1 Penilaian Kompetensi. 4 1 Menalar hasil pengamatan di, Pengetahuan dan 2 Penilaian Kompetensi Keterampilan Dalam penilaian kompetensi tersebut 4 1 1 Merumuskan data data hasil. Warga Belajar mengisi dan menjawab pernyataan dan pertanyaan yang telah disediakan Semua lingkungan sekitar tentang realitas sosial. pengamatan tentang realitas sosial di, hasil kerja tugas tugas dan penilaian kompetensi diserahkan kepada Tutor untuk memperoleh dengan menggunakan pengetahuan. masyarakatsekitar,klrisikasi kebenaran dan penilaian Sosiologi.
iv Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Ada Apa dengan Sosiologi v. Catatan Waktu,Perkembangan Sosiologi,Revolusi Perancis. Sejarah ilmu,Revolusi Inggris Sosiologi Revolusi Amerika. Sejarah Perkembangan,Sosiologi di Indonesia, Dalam modul 1 kita akan berkenalan dengan ilmu Sosiologi Manusia pertama kali lahir. sudah mengenal pengetahuan tentang sosiologi karena begitu lahir sudah berada di tengah. tengah kehidupan manusia pertama berada di tengah keluarganya Semakin bertambah usianya. semakin luas lingkungan pergaulannya Apakah kalian sudah pernah belajar tentang ilmu. Sosiologi Beberapa pendapat mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari. tentang manusia dengan segala perilaku kehidupannya Ilmu Sosiologi merupakan ilmu yang. masih muda karena yang terakhir kali memisahkan diri dari filsafat yang merupakan induk dari. segala ilmu, Ilmu Sosiologi pertama kali muncul sekitar pertengahan abad abad 18 Masehi dikenal. di masyarakat Eropa oleh seorang sosiolog bernama Auguste Comte Perancis Dalam. perkembangannya sosiologi membatasi kajiannya terhadap masyarakat sebagai ilmu pengetahuan. murni Ketika berbagai penelitian masyarakat mulai dikembangkan sosiologi dapat diterapkan. sebagai ilmu pengetahuan terapan atau praktis Contohnya sosiologi pedesaan bidang sosiologi. ini khusus membahas pada gejala sosial yang terjadi pada masyarakat pedesaan. Perkembangan sosiologi seperti itu terjadi pula dalam masyarakat Indonesia Sosiologi. tidak hanya dikenalkan di tingkat perguruan tinggi saja tetapi di sekolah lanjutan pertama. dan menengah Hal ini diharapkan agar warga belajar mengenal menerapkan dan mampu. memecahkan berbagai masalah yang ada di masyarakat Sebelum belajar pada materi ini. silahkan kalian memahami narasi mengenai sejarah ilmu Sosiologi di bawah ini dengan baik. vi Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Ada Apa dengan Sosiologi 1. Menurut pendapat Anda apa dampak Revolusi Prancis terhadap kondisi masyarakat. Coba Anda perhatikan ketiga gambar diatas Gambar pertama adalah mengenai. APERSEPSI Revolusi Prancis Gambar kedua adalah Revolusi Industri sedangkan gambar. Perkembangan Sosiologi berawal dari pengaruh Revolusi Prancis Revolusi ketiga adalah Revolusi Amerika. Prancis menimbulkan kekawatiran dan kecemasan masyarakat Prancis Kondisi. tersebut mendorong para ilmuwan berpikir mengenai dampak Revolusi Prancis Diskusikanlah bersama kelompok Anda untuk menjelaskan masing masing. yang dapat mengganggu stabilitas ekonomi dan politik peran ketiga revolusi tersebut dalam perkembangan ilmu Sosiologi. Uraian Materi Setelah kalian memahami narasi singkat di atas jawablah pertanyaan pertanyaan berikut. 1 Apa saja dampak Revolusi Prancis sehinga melahirkan ilmu Sosiologi. A Sejarah Perkembangan Sosiologi, 2 Bagaimana kondisi masyarakat Inggris setelah terjadi Revolusi Industri.
Sebelum kita mengkaji lebih jauh tentang konsep dasar Sosiologi ciri ciri dan sifat hakikat. 3 Mengapa Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi. ilmu Sosiologi terlebih dahulu kita membahas tentang Sejarah Perkembangan dan tokoh perintis. Apabila kalian telah mampu menjawab pertanyaan pertanyaan di atas jika telah memahami. ilmu Sosiologi, maka kalian dapat melanjutkan pada Kegiatan Belajar berikut ini. Kegiatan 1 Semua ilmu yang ada saat ini dibentuk berdasarkan konteks sosialnya tidak terkecuali ilmu. sosiologi Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari dinamika masyarakat Kelahiran sosiologi. Penugasan Tatap Muka, tidak lepas dari proses perubahan jangka panjang yang melanda masyarakat Eropa Barat pada. Tutor menayangkan atau menampilkan gambar tentang beberapa peristiwa revolusi. abad pertengahan Menurut Laeyendecker perubahan perubahan tersebut antara lain. industri Dan warga belajar diminta untuk memyampaikan pendapatnya. Tutor meminta peserta didik menyebutkan siapa tokoh dan peristiwa revolusi industri 1 Tumbuhnya sistem kapitalisme apada abad ke 15. tersebut dalam gambar dan mendiskusikannya 2 Perubahan tatanan sosial dan politik dari bentuk kerajaan sentralistis menjadi bentuk. Tutor menjelaskan mengenai gambar sejarah perkembangan sosiologi bentuk gilda kemudian menjadi merkantilisme. Tutor meminta warga belajar untuk menyampaikanpendapatnya 3 Perubahan konsep keagamaan kristen yang dibawa oleh Martin Luther King Protestan. Selanjutnya warga belajar diminta untuk memberikan informasi mengenai sejarah 4 Runtuhnya kekaisaran Islam. perkembangan sosiologi Untuk itu sebelumnya warga belajar diminta untuk membaca. 5 Meningkatnya pahakm individualism dan, materi Laporan hasil diskusi dikumpulkan dan dilakukan penilaian antar teman. 6 Antusiasisme masyarakat yang tinggi akan ilmu pengetahuan. berdasarkan kriteria penilaian yang dibuat tutor, Ketika ilmu sosiologi lahir dan berkembang di Eropa para pemimpin Indonesia belum pernah. Perhatikan gambar gambar berikut, mempelajari ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan Akan tetapi banyak diantara mereka telah.
memasukkan unsur unsur sosiologi ke dalam ajaran mereka Salah satunya adalah Ki Hajar. Dewantara yang merupakan pelopor utama dalam meletakkan dasar dasar bagi pendidikan. nasional di Indonesia Beliau memberikan sumbangan yang sangat banyak pada sosiologi. dengan konsep konsepnya tentang kepemimpinan dan kekeluargaan Indonesia yang secara. nyata dipraktekkan dalam organisasi pendidikan Taman Siswa. Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3, Revolusi Prancis Revolusi Industri Revolusi Amerika. 2 Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Ada Apa dengan Sosiologi 3. Dan setelah kemerdekaan Indonesia seorang sarjana Indonesia Soenario Kolopaking berbeda Kaum Bourgeouisie dan Kaum Protelar Menurut ramalan Marx konflik. untuk pertama kalinya memberikan kuliah sosiologi pada akademi ilmu politik di Yogyakarta yang berlangsung anatra kedua kelas akan dimenangkan oleh Kaum Protelar yang. Di akademi tersebut sosiologi juga dikuliahkan sebagai ilmu pengetahuan dalam jurusan ilmu kemudian akan mendirikan suatu masyarakat tanpa kelas. pemerintahan dalam negeri hubungan luar negeri dan publisitik Sejak saat itulah banyak sekali c Herbert Spencer. orang Indonesia yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang Sosiologi Hal inilah yang. Dalam bukunya yang berjudul The Principles of Sociology Herbert. menjadi pendorong berkembang dan meluasnya ilmu sosiologi di Indonesia. Spencer menguraikan materi sosiologi secara sistematis Spencer. 1 Tokoh Perintis Ilmu Sosiologi mengajarkan bahwa objek sosiologi yang pokok adalah keluarga. Setiap ilmu pengetahuan memiliki tokoh tokoh perintisnya masing masing tidak politik agama pengendalian sosial dan industri Sedangkan . sebagai ilmu pengetahuan terapan atau praktis Contohnya sosiologi pedesaan bidang sosiologi ini khusus membahas pada gejala sosial yang terjadi pada masyarakat pedesaan Perkembangan sosiologi seperti itu terjadi pula dalam masyarakat Indonesia Sosiologi tidak hanya dikenalkan di tingkat perguruan tinggi saja tetapi di sekolah lanjutan pertama

Related Books