BAB II TINJAUAN TEORI A Definisi UMP

Bab Ii Tinjauan Teori A Definisi Ump-PDF Download

  • Date:26 May 2020
  • Views:28
  • Downloads:0
  • Pages:32
  • Size:754.64 KB

Share Pdf : Bab Ii Tinjauan Teori A Definisi Ump

Download and Preview : Bab Ii Tinjauan Teori A Definisi Ump


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Tinjauan Teori A Definisi Ump


Transcription:

glukosa darah menentukanseseorang menderita Diabetes Melitus atau tidak. Hasdianah 2012 Corwin 2010 Riyadi S dan Sukarmin 2011. B Klasifikasi Diabetes Melitus, Menurut Riyadi S dan Sukarmin 2011 klasifikasi Diabetes Melitus. dan penggolongan intoleransi glukosa yang alain yaitu. 1 Insulin Dependent Diabetes Melitus IDDM, yaitu defisiensi insulin karena kerusakan sel sel Langerhans yang. berhubungan dengan tipe HLA Human Leucocyte Antigen spesifik. predisposisi pada insulitis fenomena autoimun Kelainan ini terjadi karena. kerusakan sistem imunitas kekebalan tubuh yang kemudian merusak sel. sel Langerhans di pankreas Kelainan ini berdampak pada penurunan. produksi insulin,2 Non Insulin Dependent Diabetes Melitus NIDDM. yaitu diabetes resisten lebih sering pada dewasa tapi dapat terjadi Pada. semua umur Kebanyakan penderita kelebihan berat badan ada. kecenderungan familiar mungkin perlu insulin pada saat hiperglikemik. selama stress,3 Diabetes Melitus tipe yang lain, Diabetes Melitus tipe yang lain yaitu DM yang berhubungan dengan. keadaan atau sindrom tertentu hiperglikemik terjadi karena penyakit lain. penyakit pankreas hormonal obat atau bahan kimia endoktrinopati. kelainan reseptor insulin sindrom genetik tertentu. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. Penyakit pankreas seperti pankreatitis akan berdampak pada. kerusakan anatomis dan fungsional organ pankreas akibat aktivitas toksik. baik karena bakteri maupun kimia Kerusakan ini berdampak pada. penurunan insulin Riyadi S dan Sukarmin 2011 Menurut Nanda 2015. pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi di dalam pankreas. Penyakit hormonal seperti kelebihan hormon glikokortoid dari Korteks. adrenal akan berdampak pada peningkatan glukosa dalam darah. Peningkatan glukosa darah ini akan meningkatkan beban kerja dari insulin. untuk memfasilitasi glukosa masuk dalam sel Peningkatan beban kerja ini. akan berakibat pada penurunan produksi insulin Pemberian zat kimia obat. obatan seperti hidrokortison akan berdampak pada peningkatan darah. karena dampaknya seperti glukokortikoid Riyadi S dan Sukarmin 2011. Endokrinopati kematian produksi hormon seperti kelenjar hifofisis. akan berdampak sistem bagi tubuh Karena semua produk hormon akan. dialirkan keseluruh tubuh melalui aliran darah Kelainan ini berdampak. pada penurunan metabolisme baik karbohidrat protein maupun yang dalam. perjalanannya akan mempengaruhi produksi insulin Riyadi S dan. Sukarmin 2011, Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017.
4 Impaired Glukkosa Tolerance gangguan toleransi glukosa Kadar. glukosa anatara normal dan diabetes dapat menjadi diabetes atau menjadi. normal atau tetap tidak berubah,5 Gastrointestinal Diabetes Melitus GDM. Intoleransi glukosa yang terjadi selama kehamilan terjadi perubahan. metabolisme endokrin dan karbohifrat yang menunjang pemanasan. makanan bagi janin serta persiapan menyusui Menjelang aterm kebutuhan. insulin meningkat sehingga mencapai 3 kali lipat dari keadaan normal Bila. seorang ibu tidak mampu meningkatkan produksi insulin sehingga relatif. hipoinsulin maka mengakibatkan hiperglikemi Resistensi insulin juga. disebabkan oleh adanya hormon estrogen progresteron prolaktin dan. palsenta laktogen hormon tersebut mempengaruhi reseptor insulin pada sel. sehingga mengurangi aktivitas insulin,C Etiologi, Diabetes Melitus disebabkan oleh penurunan produksi insulin oleh sel. sel beta pulau Langerhans Jenis juvenilis usia muda disebabakan oleh. predisposisi herediter terhadap perkembangan antibodi yang merusak sel sel. beta atau degenerasi sel sel beta Diabetes jenis awitan maturitas disebabkan. oleh degenerasi sel sel beta akibat penuaan dan akibat kegemukan. obesitas Tipe ini jelas disebabkan oleh degenerasi sel sel beta sebagai akibat. penuaan yang cepat pada orang yang rentan dan obesitas mempredisposisi. terhadap obesitas ini karena diperlukan insulin dalam jumlah besaruntuk. pengolahan metabolisme pada orang kegemukan dibandingkan orang normal. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. Riyadi S dan Sukarmin 2011 Penyebab resistensi insulin pada diabetes. sebenarnya tidak begitu jelas tetapi faktor yang berperan antara lain. 1 Kelainan Genetik, Diabetes dapat menurun menurut silsilah keluarga yang mengidap diabetes. Ini terjadi karena DNA pada orang diabetes melitus akan ikut. diinformasikan pada gen berikutnya terkait dengan penurunan produksi. Umumnya manusia mengalami penurunan fisiologis yang secara Dramatis. menurun dengan cepat pada usia setelah usia 40 tahun Penurunan ini akan. beresiko pada penurunan fungsi endoktrin Pankreas untuk memproduksi. 3 Gaya Hidup stress, Stress kronis cenderung membuat seseorang mencari makanan yang cepat. saji yang kaya pengawet lemak dan gula Makanan ini berpengaruh terhadap. kerja pankreas Stres juga akan meningkatkan kerja metabolisme dan. meningkatkan kebutuhan akan sumber energi yang berakibat pada kenaikan. kerja pankreas Beban yang tinggi membuat pankreas mudah rusak hingga. berdampak pada penurunan insulin,4 Pola makan yang salah.
Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. Kurang gizi atau kelebihan berat badan sama sama meningkatkan Risiko. terkena diabetes Malnutrisi juga dapat merusak pankreas sedangkan. obesitas meningkatkan gangguan kerja atau resistensi insulin Pola makan. yang tidak teratur dan cenderung lambat juga akan berperan pada. ketidakstabilan kerja pankreas,5 Obesitas, Obesitas mengakibatkan sel sel beta pankreas mengalami hipertropi yang. akan berpengaruh terhadap penurunan produksi insulin Hipertropi pancreas. disebabkan karena peningkatan beban metabolisme glukosa pada penderita. obesitas untuk mencukupi energin sel yang terlalu banyak. D Manifestasi klinis, Menurut Riyadi S dan Sukarmin 2011 manifestasi klinis dijumpai. pada pasien Diabetes Melitus yaitu,1 Poliuria peningkatan pengeluaran urin. 2 Polidipsi peningkatan rasa haus akibat volume urin yang sangat besar dan. keluarnya air yang menyebabkan dehidrasi ekstrasel Dehidrasi intrasel. mengikuti dehidrasi ekstrasel akan berdifusi keluar sel mengikutin. penurunan gradien konsentrasi ke plasma yang hipertonik sangat pekat. Dehidrasi intrasel merangsang pengeluaran ADH Antidiuretik Hormone. dan menimbulkan haus, 3 Rasa lelah dan kelemahan otot akibat gangguan aliran darah pada pasien. diabetes lama katabolisme protein di otot dan ketidakmampuan sebagian sel. untuk menggunakan glukosa sebagai energi, Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017.
4 Polifagia peningkatan rasa lapar, 5 Peningkatan angka infeksi akibat penurunan protein sebagai bahan. Pemebentukan antibodi peningkatan konsentrasi glukosa disekresi. mucus gangguan fungsi imun dan penurunan aliran darah pada penderita. diabetesn kronik,6 Kelainan kulit gatal gatal bisul. Kelainan kulit berupa gatal gatal biasanya terjadi didaerah ginjal Lipatan. kulit seperti diketiak dan dibawah payudara Biasanya akibat. tumbuh jamur,E Anatomi dan fisiologi,1 Pengertian pankreas. Pankreas adalah suatu organ berupa kelenjar terletak. retroperiontenial dalam abdomen bagian atas didepan vertebrae lumbalis I. dan II dengan panjang dan tebal sekitar 12 5 cm dan tebal 2 5cm Pankreas. terbentang dari atas sampai ke lengkungan besar dari perut dan biasanya. dihubungkan oleh dua saluran doudenum atau usus 12 jari Ari 2011. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. Menurut Syarifuddin 2014 Bagian bagian pankreas,a Kepala pankreas. Merupakan bagian yang paling lebar terletak di sebelah kanan rongga. itu dan letaknya di belakang lambung dan di depan vertebra lumbalis. b Badan pankreas, Merupakan bagian utama pada organ itu dan letaknya di belakang.
lambung dan di depan vertebra Lumbalis pertama,c Ekor pankreas. Merupakan bagian yang runcing di sebelah kiri dan yang sebenarnya. Menyentuh limpa, Pankreas mendapat darah dari arteri lienalis dan arteri mesentrika. superior Duktus pankreatikus bersatu dengan duktus koledukus dan. masuk ke doudenum pankreas menghasilkan dua kelenjar yaitu. kelenjar endoktrin dan kelenjar eksokrin Pankreas menghasilkan. endoktrin bagian dari kelompok sel yang membentuk pulau pulau. Langerhans Pulau pulau Langerhans berbentuk oval terbesar di seluruh. pankreas Dalam tubuh manusia terdapat 1 2 juta pulau. Langerhans yang dibedakan atas granulasi dan pewarnaan setengah. dari sel ini menyekresi hormon insulin Syarifuddin 2014. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. 2 Struktur Jaringan Penyusun Pankreas,Ada dua jaringan utama yang menyusun pankreas. a Jaringan Asini, Berfungsi untuk mensekresi getah pencernaan doudenum. b Pulau Langerhans, Pulau Langerhans adalah kumpulan sel berbentuk ovoid berukuran 76.
x 175 mm dan berdiameter 20 sampai 300 mikron tersebar. Di seluruh pankreas walaupun lebih banyak ditemukan di ekor. daripada kepala dan badan pankreas Pulau pulau ini menyusun. 1 2 berat pankreas Pada manusia terdapat 1 2 juta pulau. Masing masing memiliki pasokan darah yang besar dan darah. dari pulau Langerhans sperti darah dari saluran cerna tetapi. tidak seperti darah dari organ endoktrin lain mengalirkan vena. hepatika Sel sel dalam pulau dapat dibagi menjadi beberapa. jenis bergantung pada sifat pewarnaan dan morfologinya Pada. manusia paling sedikit terdapat empat jenis sel, Sel sel A alfa sekitar 20 40 memprodiksi glukagon menjadi. faktor hiperglikemik mempunyai anti insulin aktif Pulau pulau yang. kaya akan sel A secara embriologis berasal dari tonjolan pankreas. dorsal dan pulau yang kaya akan sel F berasal dari tonjolan pankreas. sentral Kedua tonjolan ini berasal dari empat yang berbeda. di doudenum, Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. 1 Sel sel B beta 60 80 fungsinya membuat insulin umumnya. terletak di bagian tengah pulau, Sel beta yang ada di pulau langerhans memproduksi hormon insulin. yang berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah dan secara. fisiologis memiliki peranan yang berlawan dengan glukosa Insulin. menurunkan kadar gula darah dengan beberapa cara insulin. mempercepat transportasi glukosa dari darah ke dalam sel khusus. serabut otot rangka glukosa masuk ke dalam sel tergantung dari. keberadaan creseptor insulin yang ada di permukaan sel target. Insulin juga mempercepat perubahan glukosa menjadi glikogen. menurunkan glycogenolysis dan gluconeogenesis menstimulasi. glukosa atau zat gizi lainnya ke dalam asam lemak lipogenesis dan. membantu menstimulasi sintesis protein,2 Sel sel D5 15 membuat somatostatin. 3 Sel sel F 1 mengandung dan menyekresi pankreatik. polipeptida,4 Sel sel D5 15 membuat somatostatin, 5 Sel sel F 1 mengandung dan menyekresi pankreatik.
Polipeptida,3 Pengaturan sekresi insulin, Pengaturan sekresi insulin seperti sekresi glukagon yaitu langsung. ditentukan oleh kadar gula dalam darah dan berdasarkan dari. mekanisme umpan balik feed back negative system Bagaimanapun. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. hormon lainnya secara tidak Langsung juga dapat mempengaruhi. produksi insulin Sebagai contoh hormon pertumbuhan manusia HGH. meningkatkan kadar glukosa darah dan meningkatnya kadar glukosa. mengerakkan menyebabkan sekresi insulin Hormon, adrenocoticotropi ACTH yang oleh skresi glukocortictropi ACTH. menghasilkan hyperglikemia dan secara tidak langsung juga. menstimulasi pelepasan insulin Peningkatankadar asam amino dalam. darah menstimulasi pelepasan insulin, Hormon hormon pencernaan seperti stomatch dan Interstinal. gastrin sekretin cholecystokinin CCK dan Gastric Inhibitory Peptide. GIP juga menstimulasi sekresi insulin GHH Somatostatin. menghalangi sekresi insulin Ari 2011,4 Getah Pankreas. Getah pankreas mengandung enzim enzim untuk pencernaan. Ketiga jenis makanan protein karbohidrat dan lemak Getah pankreas. juga mengandung ion bikarbonat dalam jumlah besar yang memegang. peranan penting dalam menetralkan asam yang dikeluarkan oleh. lambung ke dalam doudenum Enzim enzim proteolitik adalah. tripsin karboksipeptidae ribonuklease deoksiribonuklease Tiga enzim. pertama memecahkan keseluruhan dan secara parsial protein yang. dicernakan sedangkan neklease memecahkan kedua jenis asam lemak. yang menghidrolisis lemak netral menjadi gliserol asam lemak dan. Asuhan Keperawatan Pada Novian Marsewa Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2017. kolestrola esterase yang menyebabkan hidrolisis ester ester kolestrol. Syarifuddin 2014, Enzim enzim proteolitik waktu disintesis dalam sel sel.
pankreas berada dalam bentuk tidak aktif tripsinogen kimotripsinogen. dan prokarboksipeptidase yang semuanya secara enzimtik tidak aktif. Zat zat ini hanya menjadi aktif setelah mereka disekresi ke dalam. saluran cerna Tripsinogen diaktifkan oleh suatu enzim yang dinamakan. enterokinase yang disekresi oleh mukosa usus ketike kimus. mengadakan kontak dengan mukosa Tripsinogen juga dapat diaktifkan. oleh tripsin kontak dengan mukosa Tripsinogen juga dapat diaktifkan. oleh tripsin yang telah di bentuk Kimotripsinogen diaktifkan tripsin. menjadi kimotripsin dan prokarboksipeptidae diaktifkan oleh tripsin. dengan beberapa cara Kimotripsin dan prokarboksipeptidae diaktifkan. dengan beberapa cara kimotripsin yang sama Ari 2011. Diabetes Melitus atau penyakit gula atau kencing manis adalah Penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi normal hiperglikemia akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif Tingkat kadar glukosa darah menentukan apakah seseorang menderita Diabetes Melitus atau tidak Hasdianah 2012 Penyakit Diabetes Melitus dapat diartiakan individu yang mengalirkan

Related Books