BAB II LANDASAN TEORI 2 1 Motor Bakar

Bab Ii Landasan Teori 2 1 Motor Bakar-PDF Download

  • Date:02 Apr 2020
  • Views:19
  • Downloads:0
  • Pages:8
  • Size:248.66 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Motor Bakar

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Motor Bakar


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Motor Bakar


Transcription:

sekali metal dan mineral Minyak bumi biasanya ditemukan terjebak di beberapa pormasi batuan. yang berasal dari dasar laut Zat organik di dasar laut terbungkus dalam lapisan batuan pada. tekanan dan tempratur tinggi dan selama jutaan tahun berangsur angsur membentuk minyak. Dengan kemudahan penggunaan ditambah dengan efisiensi thermis yang lebih tinggi. penangan dan pengkutan yang lebih mudah serta lebih mudah dalam penyimpanan bahan bakar. cair memiliki nilai kalor pembakaran yang cenderung konstan Salah satu kekurangan bahan. bakar cair ini adalah harus menggunakan proses pemurnian yang cukup kompleks. 2 3 Karburator, Karburator merupakan bagian dari mesin yang bertugas dalam sistem pengabutan. pemasukan bahan bakar ke dalam silinder Untuk itu fungsi dari karburator antara lain Untuk. mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran hisap Untuk mengatur perbandingan bahan. bakar udara pada berbagai beban kecepatan motor Mencampur bahan bakar dan udara secara. 2 4 Intake Manifold, Intake manifold berfungsi sebagai masuknya campuran bahan bakar dan udara dari. karburator ke dalam ruang silinder selain itu juga sebagai dudukan karburator pada dudukan. inlet port kepala silinder Bentuk intake manifold umumnya seperti leher angsa sebagai saluran. campuran bahan bakar dan udara yang masuk bentuk intake manifold juga sangat menentukan. pada efesiensi pemasukan bahan bakar yang masuk Sudut intake manifold menentukan. campuran bahan bakar dan udara yang masuk dengan sempurna tanpa hambatan. 2 5 Inlet Port, Inlet port berfungsi sebagai masuknya campuran bahan bakar dan udara dari karburator ke. dalam ruang silinder Namun inlet menjadi satu dengan kepala silinder Hambatan pada saluran. masuk umumnya adalah,Kekasaran permukaan yang dilalui oleh bahan bakar. Lengkungan atau belokan yang membuat aliran menjadi pusaran atau menghambat laju. aliran pemasukan, Jarak saluran masuk yang lebih panjang sehingga waktu aliran menjadi lebih lama.
Lubang aliran tidak simetris dengan dudukannya,2 6 Kepala Silinder. Kepala silinder dipasangkan pada blok silnder terbuat dari besi tuang atau paduan. alumunium Fungsi dari kepala silinder adalah, 1 Ruang pembakaran berfungsi sebagai tempat pembakaran dari udara bahan bakar yang masuk. ke ruang bakar, 2 Mekanisme katup adalah tempat dari camsaft mengatur kerja katup untuk memasukan udara. bahan bakar ke ruang bakar dan membuang sisa pembakaraan ke kenalpot. 3 Tempat pemasangan busi, 4 Saluran masuk udara bahan bakar dan saluran buang hasil sisa pembakaran. 2 7 Prinsip Kerja Motor Empat Langkah, Motor empat langkah 4 tak adalah mesin yang menyelesaikan satu siklus dalam empat.
langkah piston atau dua kali putaran poros engkol Jadi dalam empat langkah itu meliputi proses. 1 langkah hisap,2 langkah kompresi,3 langkah ekspansi. 4 langkah pembuangan,2 7 1 Langkah Hisap, Langkah hisap adalah proses pemasukan bahan bakar ke ruang bakar dimana piston. bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah Katup inlet terbuka katup exhaust tertutup. Sehingga kevakuman terjadi pada ruang bakar mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar. terhisap ke ruang bakar Proses langkah hisap ditunjukan pada gambar 2 1. Gambar 2 1 Langkah hisap,2 7 2 Langkah Kompresi, Langkah Kompresi adalah proses dimana campuran didalam ruang bakar dikompresi ke. bagian kecil dari volume awalnya Piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas kedua. katup tertutup Sesaat sebelum akhir dari langkah kompresi pembakaran dimulai dan tekanan. ruang bakar naik lebih cepat Ditunjukan pada gambar 2 2 Langkah Kompresi. Gambar 2 2 Langkah Kompresi,2 7 3 Langkah Kerja, Langkah ekspansi langkah kerja adalah Kedua katup tertutup tekanan yang dihasilkan. oleh gas dari akhir langkah kompresi memaksa piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati. bawah pembakaran ini disertai dengan lonjakan tekanan di ruang bakar Ditunjukan pada. gambar 2 3 Langkah Usaha,Gambar 2 3 Langkah Usaha,2 7 4 Langkah Buang.
Langkah buang adalah langkah dimana gas sisa dari hasil pembakaran yang ada pada ruang. bakar dibuang ke kenalpot Piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas Katup inlet. tertutup katup exhaust terbuka Ditunjukan pada gambar 2 4 Langkah Buang. Gambar 2 4 Langkah Buang,2 8 P V dan T S Diagram Siklus Otto Ideal. Gambar 2 5 P V dan T S Diagram siklus ideal motor bensin empat langkah. Adapun proses terdiri atas,Proses 0 1 Proses Langkah Hisap. Proses 1 2 Langkah Kompresi adiabatic compression reversible. Proses 2 3 Proses Pembakaran Pada Volume Konstan, Proses 3 4 Langkah Kerja langkah ekspansi adiabatic expansion reversible. Proses 4 1 Proses Pembuangan dianggap sebagai pengeluaran kalor pada volume. Proses 1 0 Proses pembuangan pada tekanan konstan,2 9 Unjuk Kerja Motor Bensin. 2 9 1 Daya Motor, Daya didefinisikan sebagai hasil kerja atau dengan kata lain daya merupakan kerja atau.
energi yang dihasilkan mesin persatuan waktu mesin itu beroprasi Satuan daya yang dipilih. untuk sepeda motor biasanya watt atau Hosre Power HP Untuk menghitung besarnya daya. kita harus mengetahui tekanan rata rata dalam silinder selama langkah kerja Besarnya tekanan. rata rata motor bensin empat langkah adalah 6 9 Mpa. Tekanan rata rata ini dinyatakan dengan lambang Pa Untuk menghitung gaya yang bekerja. pada piston tekanan rata rata tadi harus dikalikan dengan luas piston Pi x A gaya tersebut. dinyatakan dalam satuan newton bila tekanan dinyatakan dengan satuan pascal dan luasnya. dinyatakan dalam m2 Mengingat bahwa Daya ditentukan dalam N m s J s Watt maka gaya. tadi masih harus dikalikan dengan panjang langkah piston dalam meter dan frekuensi putarnya. Dengan demikian rumus daya,Pi pi x A x s x n 2 1, Pada motor empat langkah tiap dua kali putaran poros engkol terjadi sekali langkah kerja. Maka rumus untuk empat langkah adalah,Pi Daya Indikatif Hp. pi Tekanan Rata rata Indikator dalam Pascal Pa,A Luas Piston m2. s Langkah Piston m,n Frekuensi Putar Rpm, Daya yang dihitung dengan cara demikian adalah daya indikator karena didasarkan atas. tekanan rata rata di dalam silinder Daya efektif adalah daya untuk roda penerus untuk mendapat. daya efektif maka tenaga indikator harus dikalikan dengan efisiensi mekanisnya. Pe m Pi 2 3,Pe Daya Efektif,m Efisiensi Mekanis, Hubungan daya dengan transmisi yaitu dimana pada saat putaran mesin itu rendah.
sedangkan diberikan pembebanan yang tinggi maka daya yang dihasilkan menjadi rendah hal ini. disebabkan oleh perbandingan transmisi yang terlalu berat pada putaran rendah namun apabila. pada saat putaran mesin yang tinggi semakin besar power yang dihasilkan. 2 9 2 Momen Puntir atau Torsi, Momen puntir atau torsi adalah ukuran dari kemampuan pada motor untuk menghasilkan. kerja Didalam pengaplikasiannya torsi motor berguna pada waktu kendaraan akan kerja start. atau sewaktu kendaraan mempercepat laju kendaraan dan tenaga berguna untuk memperoleh. kecepatan tinggi Besarnya torsi T akan sama berubah ubah atau berlipat tergantung dari torsi. timbul akibat gaya tangensial pada jarak dan sumbu putaran Untuk sebuah mesin yang. berpotensi dengan kecepatan tertentu dan meneruskan daya maka akan timbul torsi atau gaya F. dan R dalam keadaan konstan yang besarnya dapat ditentukan dari persamaan. Untuk menentukan nilai F digunakan persamaan,F MBD g 2 5. T Torsi Kgf m,F Gaya Kgf,R Jari jari m,g Gravitasi m s2. MBD Massa Beban Dynamometer kg,2 9 3 Brake Spesifik Fuel Consumption BSFC. Pemakaian bahan bakar spesifik adalah perbandingan banyaknya pemakaian bahan bakar. setiap jam tiap daya yang dihasilkan Harga pemakaian bahan bakar spesifik yang makin. kecil rendah menunjukkan efisiensi yang makin tinggi Besar pemakaian bahan bakar spesifik. dihitung dengan rumus,Keterangan,BSFC Brake Spesific Fuel Consumption L Hp Jam.
FC Fuel Consumption ml s,BHP Brake Horse Power Hp,Mbb Massa Bahan Bakar Kg. LANDASAN TEORI 2 1 Motor Bakar Motor bakar adalah suatu tenaga atau bagian kendaran yang mengubah energi termal menjadi energi mekanis Energi itu sendiri diperoleh dari proses pembakaran Pada umumnya motor bakar terbagi menjadi dua golongan utama yaitu motor pembakaran luar Exsternal

Related Books