BAB II KERANGKA TEORI A Semiotik Pengertian Semiotik

Bab Ii Kerangka Teori A Semiotik Pengertian Semiotik-PDF Download

  • Date:05 Nov 2019
  • Views:58
  • Downloads:0
  • Pages:41
  • Size:2.26 MB

Share Pdf : Bab Ii Kerangka Teori A Semiotik Pengertian Semiotik

Download and Preview : Bab Ii Kerangka Teori A Semiotik Pengertian Semiotik


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Kerangka Teori A Semiotik Pengertian Semiotik


Transcription:

Hubungan ini berkaitan dengan objek objek dari kategori yang berlainan dan. inilah yang menjadi alasan bahwa hubungan ini tidak bersifat keseragaman . melainkan persamaan Dalam konteks ini yaitu dalam bahasa sehari hari. penanda dianggap mengungkapkan to express petanda Sedangkan dalam. sistem semiologi ada tiga istilah yaitu penanda petanda dan tanda . Berdasarkan definisi tersebut maka semiotik atau semiologi adalah. studi tentang tanda dan cara tanda tanda itu bekerja Tanda pada dasarnya. akan mengisyaratkan suatu makna yang dapat dipahami oleh manusia yang. menggunakannya Bagaimana manusia menangkap sebuah makna tergantung. pada bagaimana manusia mengasosiasikan objek atau ide dengan tanda . A 2 Macam Semiotik, Menurut Jakobson bahwa kajian semiotika membedakan dua jenis. semiotika yakni semiotika komunikasi dan semiotika signifikasi Semiotika. komunikasi menekankan pada teori tentang produksi tanda yang salah satu di. antaranya mengasumsikan adanya enam faktor dalam komunikasi yaitu. pengirim penerima kode sistem kerja pesan saluran komunikasi dan. acuan hal yang dibicarakan Semiotika signifikasi memberikan tekanan pada. teori tanda dan pemahamannya dalam suatu konteks tertentu 16. Adapun menurut Pateda sekurang kurangnya terdapat sembilan. macam semiotik yang dikenal sekarang yaitu 17, a Semiotik analitik yakni semiotik yang menganalisis sistem tanda Pierce. menyatakan bahwa semiotik berobjekkan tanda dan menganalisisnya. 16, Benny H Hoed Strukturalisme Pragmatik dan Semiotik dalam Kajian Budaya Jakarta . Wedatama Widya 2001 p 140 ,17, Alex Sobur 2012 Op cit p 100. 8, menjadi ide objek dan makna Ide dapat dikatakan sebagai lambang .
sedangkan makna adalah beban yang terdapat dalam lambang yang. mengacu kepada objek tertentu , b Semiotik deskriptif yakni semiotik yang memperhatikan sistem tanda yang. dapat dialami sekarang meskipun ada tanda yang sejak dahulu tetap. seperti yang disaksikan sekarang Misalnya langit yang mendung. menandakan hujan tidak lama lagi akan turun dari dahulu hingga sekarang. tetap saja seperti itu Demikian pula jika ombak memutih di tengah laut . itu menandakan bahwa laut berombak besar Namun dengan majunya. ilmu pengetahuan teknologi dan seni telah banyak tanda yang diciptakan. oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya , c Semiotik faunal zoosemiotic yakni semiotik yang khusus memperhatikan. sistem tanda yang dihasilkan oleh hewan Hewan biasanya menghasilkan. tanda untuk berkomunikasi antara sesamanya tetapi juga sering. menghasilkan tanda yang dapat ditafsirkan oleh manusia Misalnya seekor. ayam betina yang berkotek kotek menandakan ayam itu telah bertelur atau. ada sesuatu yang ditakuti Induk ayam yang membunyikan. krek krek krek memberikan tanda kepada anak anaknya untuk segera. mendekat sebab ada makanan yang ditemukan Juga seorang yang akan. berangkat terpaksa mengurungkan waktu keberangkatannya beberapa saat . sebab mendengar bunyi cecak yang ada di hadapannya Tanda tanda yang. dihasilkan oleh hewan seperti ini menjadi perhatian orang yang bergerak. dalam bidang semiotik faunal , 9, d Semiotik kultural yakni semiotik yang khusus menelaah sistem tanda yang. berlaku dalam kebudayaan masyarakat tertentu Masyarakat sebagai. makhluk sosial memiliki sistem budaya tertentu yang telah turun temurun. dipertahankan dan dihormati Budaya yang terdapat dalam masyarakat. yang juga merupakan sistem itu menggunakan tanda tanda tertentu yang. membedakannya dengan masyarakat yang lain , e Semiotik naratif yakni semiotik yang menelaah sistem tanda dalam narasi. yang berwujud mitos dan cerita lisan ada di antaranya memiliki nilai. kultural tinggi Itu sebabnya Greimas memulai pembahasannya tentang. nilai nilai kultural ketika ia membahas persoalan semiotik naratif . f Semiotik natural yakni semiotik yang khusus menelaah sistem tanda yang. dihasilkan oleh alam Air sungai keruh menandakan di hulu telah turun. hujan dan daun pohon pohonan yang menguning lalu gugur Alam yang. tidak bersahabat dengan manusia misalnya banjir atau tanah longsor . sebenarnya memberikan tanda kepada manusia bahwa manusia. g Semiotik normatif yakni semiotik yang khusus menelaah sistem tanda. yang dibuat oleh manusia yang berwujud norma norma misalnya rambu . rambu lalu lintas Di ruang kereta api sering dijumpai tanda yang. bermakna dilarang merokok , h Semiotik sosial yakni semiotik yang khusus menelaah sistem tanda yang.
dihasilkan oleh manusia yang berwujud lambang baik lambang berwujud. kata maupun lambang berwujud kata dalam satuan yang disebut kalimat . 10, Dengan kata lain semiotik sosial menelaah sistem tanda yang terdapat. dalam bahasa , i Semiotik struktural yakni semiotik yang khusus menelaah sistem tanda. yang dimanifestasikan melalui struktur bahasa , Peneliti melihat bahwa Jakobson membedakan semiotik berdasarkan. teori tanda sign berupa produksi tanda semiotik komunikasi dan. pemahaman tanda pada konteks tertentu signifikasi Sedangkan Pateda. membedakan semiotik berdasarkan ruang lingkup dari objek tanda sehingga. diperoleh macam semiotik yang lebih luas dan banyak . A 3 Model Model Dalam Semiotik, Analisis dalam semiotik berupaya menemukan makna tanda termasuk. hal hal yang tersembunyi di balik sebuah tanda teks iklan berita Model . model dalam semiotik mengacu pada proses komunikasi yang disebut Fiske. sebagai pembangkit makna the generation of meaning bukan model model. sebelumnya yang cenderung linear Fiske menyebutnya sebagai model . model struktural Setiap anak panah menunjukkan relasi di antara unsur . unsur penciptaan makna Model sruktural ini tidak mengasumsikan adanya. serangkaian tahap atau langkah yang dilalui pesan melainkan lebih. memusatkan perhatian pada analisis serangkaian relasi terstruktur yang. memungkinkan sebuah pesan menandai sesuatu 18, Dari terminologi di atas peneliti dapat mengasosiasikan bahwa untuk.
menemukan makna tersebut dibutuhkan sebuah model Ada dua model. 18, Tommy Suprapto Pengantar Ilmu Komunikasi Yogyakarta CAPS 2011 p 94. 11, makna yang sangat berpengaruh Pertama model dari filsuf dan ahli logika . CS Pierce Ogden dan Richard Kedua model dari ahli linguistik Ferdinand. de Saussere Namun dalam penelitian ini kedua model tersebut tidak akan. dibahas begitu mendalam karena peneliti akan menggunakan model semiotik. Roland Barthes yang merupakan penerus pemikiran Saussure . Seperti telah disebutkan sebelumnya Pierce telah mengungkapkan tiga. elemen semiotik yang utama yaitu tanda acuan tanda dan pengguna tanda. interpretant Tiga elemen ini disebut Pierce sebagai teori segitiga makna . atau triangle of meaning Maka persoalannya adalah bagaimana makna. muncul dari sebuah tanda ketika tanda itu digunakan orang pada waktu. berkomunikasi 19, Hubungan ketiga elemen ini digambarkan Pierce sebagai berikut . Gambar 2 1, Model Semiotik Pierce, Interpretant, Object. Gambar di atas menunjukkan panah dua arah yang menekankan. bahwa masing masing istilah dapat dipahami hanya dalam relasinya dengan. yang lain Sebuah tanda yang salah satu bentuknya adalah kata mengacu. kepada sesuatu di luar dirinya sendiri objek dan ini dipahami oleh. 19, Rachmat Kriyantono Teknik Praktis Riset Komunikasi Jakarta Kencana 2006 p 265.
12, seseorang serta ini memiliki efek di benak penggunanya Apabila ketiga. elemen makna itu berinteraksi dalam benak seseorang maka muncullah. makna tentang sesuatu yang diwakili oleh tanda tersebut 20. Menurut Peirce tanda sign atau representamen selalu terdapat dalam. hubungan triadik yakni sign ground object dan interpretant Ground. adalah suatu yang digunakan agar tanda dapat berfungsi Berdasarkan. ground nya Peirce membagi menjadi qualisign kualitas yang ada pada. tanda sinsign eksistensi aktual benda atau peristiwa yang ada pada tanda . dan legisign norma yang dikandung oleh tanda Berdasarkan objeknya . Peirce membagi tanda menjadi icon tanda yang hubungan antara penanda. dan pertandanya bersifat bersamaan bentuk alamiah index tanda yang. menunjukkan adanya hubungan alamiah antara tanda dan penandaannya yang. bersifat klausal dan symbol tanda yang menunjukan hubungan arbiter. antara penanda dengan petandanya Dan berdasarkan interpretant nya dibagi. atas rheme tanda yang memungkinkan orang menafsirkan berdasarkan. pilihan dicentsign tanda sesuai kenyataan dan argument tanda yang. langsung memberikan alasan sesuatu 21, Sementara itu Saussure meletakkan tanda dalam konteks komunikasi. manusia dengan melakukan pemilihan antara apa yang disebut dengan. signifier penanda dan signified petanda Jadi ide sentral dalam semiotik. adalah konsepsi khusus particular dari struktur sebuah tanda sign yang. 20, Tommy Suprapto 2011 Op cit p 97,21, Alex Sobur Semiotika Komunikasi Bandung Remaja Rosdakarya 2009 p 41 42. 13, didefinisikan sebagai ikatan antara yang menandai signifier dan yang. ditandai signified 22, Signifier adalah bunyi yang bermakna atau coretan yang bermakna.
aspek material yakni apa yang dikatakan ditulis dan dibaca Sedangkan. signified adalah gambaran mental dari bahasa Saussure menggambarkan. tanda yang terdiri dari atas signifier dan signified sebagai berikut . Gambar 2 2, Model Semiotik Saussure23, Sign, Composed of. Signifier Signification Referent, Signified External Reality . Hubungan antara penanda dan petanda tersebut adalah produk. kultural Hubungan di antara keduanya bersifat arbiter dan hanya berdasarkan. konvensi kesepakatan atau peraturan dari kultur pemakai bahasa tersebut . Berdasarkan model pemaknaan ini petanda petanda merupakan. konsep mental yang digunakan untuk membagi realitas dan. mengkategorikannya Oleh karena itu dapat dipahami realitas tersebut . Petanda dibuat oleh manusia dan ditentukan oleh kultur atau subkultur yang. dimiliki manusia tersebut 24,22, Adam Kuper Yessica Kuper Ensiklopedia Ilmu Ilmu Sosial Jakarta Raja Grafindo Persada . 2000 p 98,23, Denis McQuail Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar Jakarta Erlangga 2000 p 312. 24, Tommy Suprapto 2011 Op cit p 101, 14, Salah satu pakar semiotik yang memfokuskan permasalahan semiotik.
pada makna denotasi dan konotasi adalah Roland Barthe yang mengatakan. bahwa struktur makna yang terbangun di dalam produk dan genre media. diturunkan dari mitos mitos kuno dan berbagai peristiwa media ini. mendapatkan jenis signifikansi yang sama dengan signifikansi yang secara. tradisional hanya dipakai dalam ritual ritual keagamaan . Dalam terminologi Barthes jenis budaya populer apapun dapat diurai. kodenya dengan membaca tanda tanda di dalam teks Tanda tanda tersebut. adalah hak otonom pembaca penonton Saat sebuah karya selesai dibuat . makna yang dikandung karya itu bukan lagi miliknya melainkan milik. pembaca atau penontonnya untuk menginterpretasikannya begitu rupa 25. Representasi menurut Barthes menunjukkan bahwa pembentukan. makna tersebut mencakup sistem tanda menyeluruh yang mendaur ulang. berbagai makna yang tertanam dalam dalam di budaya Barat misalnya dan. menyelewengkannya ke tujuan tujuan komersil Hal ini kemudian disebut. sebagai struktur 26 Sehingga dalam semiotik Barthes proses representasi itu. berpusat pada makna denotasi konotasi dan mitos Ia mencontohkan ketika. mempertimbangkan sebuah berita atau laporan akan menjadi jelas bahwa. tanda linguistik visual dan jenis tanda lain mengenai bagaimana berita itu. direpresentasikan seperti tata letak lay out rubrikasi dsb tidaklah. sesederhana mendenotasikan sesuatu hal tetapi juga menciptakan tingkat. 25, Ade Irwansyah Seandainya Saya Kritikus Film Pengantar Menulis Kritik Film Yogyakarta . Homerian Pustaka 2009 p 42,26, Marcel Danesi Op cit p 28. 15, konotasi yang dilampirkan pada tanda 27 Barthes menyebut fenomena ini. membawa tanda dan konotasinya untuk membagi pesan tertentu sebagai. penciptaan mitos Barthes meneruskan pemikiran Saussure dengan. menekankan interaksi antara teks dengan pengalaman personal dan kultural. penggunanya interaksi antara konvensi dalam teks dengan konvensi yang. dialami dan diharapkan oleh penggunanya Gagasan Barthes ini dikenal. dengan Two Order of Signification Signifikansi Dua Tahap . Gambar 2 3, Signifikansi Dua Tahap Barthes, First OrderSign Second Order. reality signs culture, Conotation, Form s, Signifier.
Denotation , s Signified, Content, Myth, Melalui Gambar 3 Barthes menjelaskan signifikansi tahap pertama. merupakan hubungan antara signifier dan signified di dalam sebuah tanda. 27, Jonathan Bignell Media Semiotics An Introduction Manchester and New York Manchester. University Press 1997 p 16, 16, terhadap realitas eksternal Barthes menyebutnya sebagai denotasi Konotasi. adalah istilah yang digunakan Barthes untuk signifikansi tahap kedua Hal ini. menggambarkan interaksi yang terjadi ketika tanda bertemu dengan perasaan. atau emosi dari pembaca serta nilai nilai dari kebudayaannya Konotasi. mempunyai makna yang subjektif atau paling tidak intersubjektif Pemilihan. kata kata kadang merupakan pilihan terhadap konotasi misalnya kata. penyuapan dengan memberi uang pelican Dengan kata lain denotasi. adalah apa yang digambarkan tanda terhadap sebuah objek sedangkan. konotasi adalah bagaimana menggambarkannya 28, a Makn. Semiotika komunikasi menekankan pada teori tentang produksi tanda yang salah satu di antaranya mengasumsikan adanya enam faktor dalam komunikasi yaitu pengirim penerima kode sistem kerja pesan saluran komunikasi dan acuan hal yang dibicarakan Semiotika signifikasi memberikan tekanan pada

Related Books