BAB II KAJIAN PUSTAKA A Landasan Teori 1 Media Sosial

Bab Ii Kajian Pustaka A Landasan Teori 1 Media Sosial-PDF Download

  • Date:15 Mar 2020
  • Views:230
  • Downloads:0
  • Pages:25
  • Size:719.58 KB

Share Pdf : Bab Ii Kajian Pustaka A Landasan Teori 1 Media Sosial

Download and Preview : Bab Ii Kajian Pustaka A Landasan Teori 1 Media Sosial


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Kajian Pustaka A Landasan Teori 1 Media Sosial


Transcription:

komentar dalam media sosial maupun dengan sekedar memberikan like. pada setiap postingan seseorang,b Penggunaan Media Sosial. Salah satu bentuk baru dalam berkomunikasi yang ditawarkan. dalam dunia internet adalah media sosial Menggunakan media sosial. dalam internet penggunaan bisa meluaskan perkataan ataupun hal. yang dialami Seperti yang diutarakan oleh Kaplan dan Haenlein dalam. jurnal Internasional Curran Lennon 2011 media sosial adalah. sebuah kelompok jaringan yang berbasis aplikasi dalam internet yang. dibangun berdasarkan teknologi dan konsep web 2 0 sehingga dapat. membuat pengguna user menciptakan dan mengganti konten yang. disebarkan Istilah web 2 0 digunakan secara khusus untuk. menjelaskan teknologi semacam wikis weblogs dan media internet. lainnya Web 2 0 penting untuk media sosial karena mampu. mempercepat pertumbuhan dari media sosial, Era globalisasi saat ini perkebangan teknologi semakin pesat. Dengan perkembangan teknologi saat ini banyak hal yang dapat. dikerjakan dengan mudah Salah satunya dalam hal berkomunikasi. Jika dahulu kala orang berkomunikasi dengan bertatap muka secara. langsung agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. namun sekarang orang tidak harus bertatap muka secara langsung agar. dapat berkomunikasi sehingga komunikasi dapat berlangsung lebih. mudah dengan adanya teknologi, Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. Berbagai teknologi telah dikembangkan para ilmuwan agar. memudahkan manusia dalam berkomunikasi mulai dari radio telepon. televisi hingga internet Kemajuan teknologi sekarang ini orang dapat. berkomunikasi dengan orang lain setiap detik Baik itu dengan orang. yang dikenal hingga orang yang tidak dikenal Komunikasi tersebut. bisa terjadi dengan dua arah maupun satu arah Teknologi mulai dari. radio hingga internet memungkinkan komunikasi yang sulit dilakukan. menjadi bisa dilakukan Salah satunya dari sekian banyak temuan para. ahli yang fenomenal adalah media internet,c Dampak Negatif dan Dampak Positif Media Sosial. Dewasa ini di tengah tengah era globalisasi tidak bisa. dipungkiri hadirnya sosial media semakin dibutuhkan dalam. kehidupan sehari hari akan tetapi sosial media menghapuskan. batasan batasan dalam bersosialisasi dalam sosial media tidak ada. batasan ruang dan waktu dan dengan siapa mereka berkomunikasi. mereka dapat berkomunikasi kapanpun dimana pun mereka berada dan. dengan siapapun Maka tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media. memiliki pengaruh besar dan berdampak dalam kehidupan seseorang. Adapun dampak positif media sosial menurut Zukria dalam. Kairuni N 2016 adalah, 1 Mempermudah kegiatan belajar karena dapat digunakan.
sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman sekolah. tentang tugas mencari informasi,2 Mencari dan menambah teman atau bertemu kembali. dengan teman lama Baik itu teman di sekolah di, lingkungan bermain maupun teman yang bertemu melalui. jejaring sosial lain, Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. 3 Menghilangkan kepenatan pelajar itu bisa menjadi obat. stress setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah. Misalnya mengomentari situs orang lain yang terkadang. lucu dan menggelitik bermain game dan lain sebagainya. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari media sosial adalah. 1 Berkurangnya waktu belajar karena keasyikan,menggunakan media sosial. 2 Mengganggu konsentrasi belajar di sekolah, 3 Merusak moral pelajar karena sifat remaja yang labil.
mereka dapat mengakses atau melihat gambar porno milik. orang lain dengan mudah, 4 Menghabiskan uang jajan untuk mengakses internet. 5 Mengganggu kesehatan terlalu banyak menatap layar. handphone maupun komputer atau laptop dapat,mengganggu kesehatan. Menurut pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa. penggunaan media sosial memiliki dampak positif dan juga memiliki. dampak negatif dalam penggunaannya Penggunaan media sosial dapat. diakses setiap waktu dan dalam penggunaan media sosial juga tidak. memiliki batasan dalam bersosialisasi Seseorang dapat berkomunikasi. dengan siapa saja baik dengan orang yang dikenal ataupun orang yang. tidak dikenal,2 Komunikasi, Komunikasi merupakan aktifitas manusia yang sangat penting. Bukan hanya dalam kehidupan organisasi namun dalam kehidupan. manusia secara umum Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam. kehidupan kita Kita semua berinteraksi dengan sesama dengan cara. melakukan komunikasi Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang. sederhana samapai yang kompleks dan teknologi kini telah merubah cara. manusia berkomunikasi secara drastis, Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. a Pengertian Komunikasi, Sebagai makhluk sosial manusia senantiasa ingin berhubungan.
dengan manusia lainnya Ia ingin mengetahui lingkungan sekitarnya. bahkan ingin mengetahui yang terjadi dalam dirinya Rasa ingin tahu. ini memaksa manusia perlu berkomunikasi, Effendy Onang Uchana 2005 11 16 Proses komunikasi pada. hakekatnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh. seseorang komunikator kepada orang lain komunikan Pikiran bisa. merupakan gagasan informasi opini dan lain lain yang muncul dari. benaknya Perasaan bisa berupa keyakinan kepastian keragu raguan. kekhawatiran kemarahan keberanian kegairahan dan sebagainya. yang muncul dari lubuk hati, Proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain. dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah. memakai lambang sebagai media pertama Seorang komunikator. menggunakan media kedua dalam melancarkan komunikasinya karena. komunikan sebagai sasarannya berada ditempat yang relatif jauh atau. jumlahnya yang banyak media itu bisa melalui surat telepon teleks. surat kabar majalah radio televisi film bahkan satelit dan masih. banyak lagi media kedua yang sering digunakan dalam komunikasi. Menurut teori di atas dapat disimpulkan yaitu komunikasi. merupakan suatu proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang. kepada orang lain dengan menggunakan lambang symbol sebagai. Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. media Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi. adalah bahasa isyarat gambar warna dan lainnya yang secara. langsung mampu menerjemahkan pikiran atau perasaan komunikator. kepada komunikan,b Tujuan Komunikasi di Sekolah, Komunikasi di sekolah merupakan salah satu unsur kegiatan. yang penting dalam pendidikan Selain itu komunikasi merupakan. syarat dalam kehidupan oerganisasi pendidikan Komunikasi sebagai. upaya untuk membuat orang orang yang terlibat di dalamnya mengerti. dan memahami fungsi dan tugasnya masing masing Penyampaian. pesan kepada penerima dan media yang digunakan dalam komunikasi. harus ada dalam keserasian sehingga terhindar dari gangguan. gangguan yang mengakibatkan kesalah pahaman Sesuai dengan. pendapat Hidayat S 2007 2 mengatakan bahwa ketidaksamaan. pengertian antara penerima dan pengirim informasi akan menimbulkan. kegagalan dalam berkomunikasi, Keberhasilan dalam berkomunikasi dapat dilihat dari seberapa. jauh orang yang sedang terlibat dalam komunikasi tersebut dapat. menerima pesan tersebut dengan baik Pesan yang disampaikan juga. memiliki informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan. kebenarannya Sesuai dengan pendapat Umar M 2016 23 dalam. penelitiannya menyatakan komunikasi dalam pendidikan dilakukan. Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. kepada masyarakat tidak cukup hanya dengan informasi verbal saja. Informasi ini perlu dilengkapi dengan pengalaman nyata yang. ditunjukkan kepada masyarakat agar timbul citra positif tentang. pendidikan, Uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi di.
sekolah bertujuan agar terhindar dari gangguan gangguan yang. mengakibatkan adanya kesalah pahaman antar anggota di dalam. lembaga sekolah Selain itu dengan adanya komunikasi dalam. pendidikan akan mempermudah dalam memberi dan menerima. informasi dari pihak yang satu dengan pihak yang lain Penyampaian. informasi tersebut juga harus memiliki kebenaran tersendiri. Informasi informasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan. 3 Pembentukan Karakter, Karakter merupakan potret diri seseorang yang sesungguhnya. setiap orang memiliki karakter dan itu bisa menggambarkan diri seseorang. yang sebenarnya apakah baik atau buruk Karakter dapat diartikan sebagai. kumpulan perilaku yang tampil di depan umum maupun di saat sendiri. dirangkai cesara konsisten dalam kehidupan Pola perilaku yang dilakukan. berulang ulang apakah baik atau buruk akan membentuk dan memperkuat. Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. a Pengertian Karakter,Yaumi 2014 7 8 menyatakan bahwa karakter adalah. moralitas kebenaran kebaikan kekuatan dan sikap seseorang yang. ditunjukkan kepada orang lain melalui tindakan Karakter dimaknai. sebagai sebuah dimensi yang positif dan konstruksif Jika dilihat dari. Kamus Besar Bahasa Indonesia 1989 dalam Elfindri dkk 2012. 27 menyatakan bahwa karakter berarti sifat sifat kejiwaan akhlak. atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lainyaitu. tabiat dan watak Sehingga dapat dikemukakan bahwa karakter anak. yang diharapkan adalah kualitas mental atau kekuatan moral akhlak. atau budi pekerti yang merupakan kepribadian khusus yang harus. melekat kepada anak anak bangsa ini,Rumusan dari Kementrian Pendidikan Nasional dalam. Salahudin Alkrienchie 2013 42 menyatakan bahwa khususnya. Direktorat Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa secara umum arti. karakter adalah karakter mendemokrasikan etika atau sistem nilai. personal yang ideal baik dan penting untuk eksistensi diri dan. berhubungan dengan orang lain Karakter merupakan aspek yang. sangat dominan dalam diri seseorang Karena secara umum karakter. merupakan suatu kebiasaan dan jati diri yang melekat pada seseorang. Selain itu karakter juga akan membawa seseorang supaya memiliki. akhlak dan tanggungjawab dalam kehidupan yang baik. Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. Suyadi 2013 5 Pengertian secara khusus karakter adalah. nilai nilai yang khas baik tahu nilai kebaikan mau berbuat baik nyata. berkehidupan baik dan berdampak baik terhadap lingkungan yang. terparti dalam diri dan berwujud dalam perilaku Katakter diartikan. sebagai tabiat sifat sifat kejiwaan akhlak atau budi pekerti yang. membedakan seseorang dengan yang lain, Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa karakter. yang dimiliki oleh seseorang pada dasarnya terbentuk melalui proses. pembelajaran yang cukup panjang Karakter manusia bukanlah sesuatu. yang dibawa sejak lahir Lebih dari itu karakter merupakan bentukan. dari lingkungan dan juga orang orang yang ada di sekitar lingkungan. tersebut Karakter dibentuk melalui proses pembelajaran di beberapa. tempat seperti rumah sekolah dan di lingkungan sekitar tempat. tinggal Pihak pihak yang berperan penting dalam pembentukan. katarakter seseorang yaitu keluarga guru dan teman sebaya Karakter. seseorang biasanya akan sejalan dengan perilakunya Bila seseorang. selalu melakukan aktivitas yang baik seperti sopan dalam berbicara. suka menolong ataupun menghargai sesama maka kemungkinan. besar karakter orang tersebut juga baik akan tetapi jika perilaku. seseorang buruk seperti suka mencela suka berbohong suka berkata. yang tidak baik maka kemungkinan besar karakter orang tersebut juga. b Pengertian Pendidikan Karakter, Pendidikan karakter merupakan sebuah istilah yang semakin.
Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. hari semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia saat. ini Pendidikan karakter menurut Ratna Megawangi dalam Kesuma. dkk 2012 5 6 menyatakan bahwa sebuah usaha untuk mendidik. anak anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan. mempraktikannya dalam kehidupan sehari hari sehingga mereka dapat. memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungan. Adanya pendidikan karakter maka akan membantu membentuk. sebuah watak sifat sifat dan budi pekerti seseorang sehingga kelak. akan melahirkan sebuah karakter pribadi yang baik Jika seseorang. telah memiliki karakter yang baik maka orang tersebut akan dapat. menempatkan diri dan memberikan hal yang positif di sekitarnya Oleh. karena itu pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak dini agar. lebih efektif,Pendidikan karakter dalam seting sekolah sebagai. Pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan. perilaku anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu. yang dirujuk oleh sekolah,Definisi ini mengandung makna. 1 Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang, terintegrasi dengan pembelajaran yang terjadi pada semua. mata pelajaran, 2 Diarahkan pada penguatan dan pengembangan perilaku. anak secara utuh Asumsinya anak merupakan organisme. manusia yang memiliki potensi untuk dikuatkan dan,dikembangkan.
3 Penguatan dan pengembangan perilaku didasari oleh nilai. yang dirujuk sekolah lembaga, Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017. Pada dasarnya pembelajaran yang dilakukan disekolah. hanyalah untuk mengajarkan nilai nilai karakter yang baik bagi siswa. Karakter yang baik lah yang harus dikembangkan dan diterapkan. dimanapun siswa itu berada sedangkan karakter yang buruk harus. mereka tinggalkan dan jangan sampai dikeluarkan disaat mereka. Yaumi 2014 8 9 Pendidikan karakter adalah upaya sengaja. untuk membantu orang mengerti peduli tentang dan berbuat atas. kumpulan perilaku yang tampil di depan umum maupun di saat sendiri dirangkai cesara konsisten dalam kehidupan Pola perilaku yang dilakukan berulang ulang apakah baik atau buruk akan membentuk dan memperkuat karakter Dampak Media Sosial Yeni Yen Pangesti FKIP UMP 2017

Related Books